Wakapolsek Detosoko Hadiri Peresmian Jaringan Air Minum Bersih di Desa Randoria

Wakapolsek Detosoko Hadiri Peresmian Jaringan Air Minum Bersih di Desa Randoria

TribrataNewsEnde.Com - Wakapolsek Detusoko Aiptu Ketut Kaler Mandara., menghadiri Peresmian Jaringan Air Minum Bersih program proyek Wahana Visi Indonesia sumber dana dari World association of Singapura dan DAU APBD II Thn 2021 di Desa Randoria, Kecamatan Detusoko, Kabupaten Ende Rabu (13/7/22) pukul 09.00 wita.

Kegiatan tersebut diresmikan langsung Bupati Ende H. Djafar. H. Achmad. MM ,dan dihadiri oleh Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Inspektorat Ende, Kadis Perindag, Sekretaris Bapeda, Para Kabag Setda Ende, Manager Wahana Visi Indonesia di Ende, Manager LSM Tana Nua di Ende, Camat Detusoko, Bhabinkamtibmas Polsek Detusoko dan Bhabinsa Koramil 1602-03 Detusoko, Para Kepala Puskesmas di Kecamatan Detusoko, Para Kepala Desa se-Kecamatan Detusoko, Para Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta masyarakat Desa Randoria.

Bupati Ende H. Djafar. H. Achmad. MM, bersama rombongan tiba di Dusun Kuru, Desa Randoria disambut oleh Camat Detusoko, Kepala Desa Randoria dengan seremonial sapaan adat dan tarian adat oleh Mosalaki/pemangku adat dan masayarakat Desa Randoria, dilanjutkan dengan peresmian jaringan air bersih oleh Bupati Ende yang dilakukan secara simbolis dengan membuka stop kran pada salah satu tugu air di Dusun Kuru, Desa Randoria, Kecamatan Detusoko, Kabupaten Ende.

Dalam sambutannya Bupati Ende, mengapresiasi program bersama yang dilaksanakan oleh WHI dan masyarakat Desa Randoria telah melaksanakan program jaringan air bersih dan terpasang dengan baik di empat Dusun di Desa Randoria yaitu Dusun Kuru, Dusun Tura dha'o, Dusun Wologeru, Dusun Kebe, dengan jumlah jaringan 75 jaringan sambungan rumah dengan rincian 50 jaringan sambungan rumah berasal dari WHI dan 25 jaringan sambungan rumah berasal dari dana DAU APBD II Thn 2021 untuk Desa Randoria, kiranya dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat untuk kesejahteraan masyarakat, kesehatan anak - anak, dan dapat menurunkan stunting serta mengurangi kematian ibu hamil, demam berdarah, dan terwujudnya masyarakat yang sehat dengan sanitasi berbasis masyarakat.

Selesai sambutan Bupati Ende, dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti peresmian oleh Bupati Ende, foto bersama, penandatanganan berita acara penyerahan aset dari WHI kepada Pemerintah Desa Randoria dari manager WHI kepada Kepala Desa Randoria, Deklarasi oleh masyarakat Desa Randoria yang diwakili oleh salah satu tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan, dan anak untuk mulai menerapkan protokol hidup sehat dalam kehidupan sehari - sehari dilanjutkan dengan penyerahan naskah deklarasi dari para perwakilan kepada Bupati Ende dan penyerahan piagam dari Bupati Ende kepada Kepala Desa Randoria, Manager WHI, dan diakhiri dengan foto bersama.

Seluruh rangkaian kegiatan Peresmian Jaringan Air Minum Bersih mendapat pengamanan terbuka dan tertutup dari personil Polsek Detusoko dibawah pimpinan Wakapolsek  Wewaria Aiptu Ketut Kaler Mandara dan situasi sampai saat ini berjalan aman kondusif dan berakhir pada jam 10. 44 Wita. (HumasPolresEnde)