Personil Polres Ende Hadiri Upacara Penutupan Tentara Manunggal Membangun Desa Ke-119 TA 2024 Kodam IX Udayana di Desa Wolokota dan Kekasewa

Personil Polres Ende Hadiri Upacara Penutupan Tentara Manunggal Membangun Desa Ke-119 TA 2024 Kodam IX Udayana di Desa Wolokota dan Kekasewa
Personil Polres Ende Hadiri Upacara Penutupan Tentara Manunggal Membangun Desa Ke-119 TA 2024 Kodam IX Udayana di Desa Wolokota dan Kekasewa

tribratanewsende.com Personil Sat Samapta (Dalmas) Polres Ende menghadiri upacara penutupan TTMD ke-119 TA 2024 di Desa Wolokota dan Desa Kakasewa Kecamatan Ndona Kabupaten Ende. Rabu (20/03/2024) Pukul 10.00 Wita.

Kegiatan ini dilaksanakan di halaman SDK Kekasewa dan dihadiri Personil TNI AD Kodim 1602 Ende Personil Kipan C Yonif 743 Personil Lanal TNI AL Maumere. Dalam upacara ini yang bertindak sebagai Irup yaitu Danrem 161 Wirasakti Brigjen TNI Joao Xavier Barreto Nunes dihadiri Dan Lanal  Maumere Dandim 1602 Ende dan Kapolsek Ndona mewakili Kapolres Ende.

Pangdam IX/Udayana mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas penyelenggaraan kegiatan TMMD ke-119 di wilayah Kabupaten Ende. Dia juga menghormati semua tim Satgas TMMD dari TNI Polri, pemerintah daerah Kabupaten Ende, pihak swasta, dan komponen masyarakat yang telah berpartisipasi dalam TMMD ke-119 tahun 2024.

Dalam amanat penutupan, Pangdam IX/Udayana yang di bacakan oleh Danlanud Eltari Kupang, Marsma TNI Djoko Hadipurwanto, S.E, M.M, menjelaskan bahwa TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), Pemerintah Daerah dan komponen bangsa lainnya. Prioritas dari program TMMD adalah daerah pedesaan yang tergolong sebagai daerah miskin/tertinggal, terpencil/terisolir, perbatasan/pulau-pulau kecil terluar dan daerah kumuh perkotaan serta daerah yang terkena bencana.

Dalam upacara tersebut juga Danlanud Eltari Kupang, Marsma TNI Djoko Hadipurwanto, S.E, M.M memberikan beberapa perhatian di antaranya "Pertama saya ingatkankepada Prajurit TNI AD khususnya Prajurit Kodam IX/Udayana dimana pun bertugas, agar menempatkan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi demi terciptanya kemanunggalan TNI- Rakyat. Kedua, pertahankan semangat kemanunggalan antara TNI-Rakyat. Jangan mudah terhasut dan terprovokasi oleh pihak manapun yang dapat merusak persatuan dan kesatuan serta keutuhan NKRI. Ketiga, lestarikan semangat gotong royong sebagai warisan budaya Bangsa Indonesia yang sudah terbina dengan baik selama ini. Keempat, pelihara hasil program TMMD ke- 119, agar dapat bermanfaat dan dinikmati oleh masyarakat dalam kurun waktu yang panjang serta adakan perawatan bersama masyarakat di wilayah tersebut secara mandiri dan swadaya. Kelima, kepada para Dansatgas TMMD ke-119, lakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD untuk dijadikan bahan perbaikan pada TMMD mendatang. Keenam, kepada para Prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD, dengan selesainya kegiatan ini segera kembali ke induk pasukan masing-masing dan perhatikan faktor keamanan selama dalam perjalanan, tetap jalin komunikasi aktif dengan masyarakat sebagai wujud kebersamaan dan menjaga tali silaturahmi".

Kegiatan Upacara Penutupan TMMD berakhir pada Pukul 11.10 Wita dalam keadaan aman.(Humas Polres Ende)