Sukseskan Pemilu 2024, Polres Ende Bersama Stakeholder Gelar Rapat Koordinasi Kesiapan Pelaksanaan Pemilu

Sukseskan Pemilu 2024, Polres Ende Bersama Stakeholder Gelar Rapat Koordinasi Kesiapan Pelaksanaan Pemilu
Rapat Koordinasi Kesiapan Pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 Antara Polres Ende dengan Stakeholder penyelenggara Pemilu Tahun 2024 tingkat Kab. Ende

TribrataNewsEnde.Com - Jelang pelaksanaan pemungutan suara pada Pemilu 2024 yang akan dilaksanakan tanggal 14 Februari mendatang, Polres Ende melaksanakan Rapat Koordinasi Kesiapan Pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 dengan Stakeholder penyelenggara Pemilu tingkat Kabupaten Ende. Rabu (31/1/2024) Pukul 09.20 Wita.

Kegiatan Rapat di pimpin oleh Kapolres Ende AKBP I Gede Ngurah Joni M., S.H., S.I.K, M.H, dan di dampingi oleh Wakapolres serta dihadiri oleh Para Kabag, Kasat, Kasi, Kapolsek Jajaran Polres Ende, Pasi Intel Kodim 1602 Ende, Ketua KPU Kabupaten Ende, Komisioner Bawaslu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Sekretaris Kesbangpolda dan Perwakilan Kasat Pol-PP Kabupaten Ende.

Dalam rakor tersebut dibahas mulai dari kesiapan pergeseran logistik, pengawalan serta  Pengamanan TPS,  data perekaman E-KTP untuk masyarakat yang masuk dalam DPT serta data Linmas yang ada diwilayah Hukum Polres Ende dan memetakan berbagai kebutuhan dalam menukseskan pelaksnaan pesta Demokrasi tersebut.

Kapolres Ende AKBP I Gede Ngurah Jani M., S.H,. S.I.K., M.H., mengatakan Rakor yang dilaksanakan ini untuk membahas mengenai kesiapan dari seluruh elemen yang terlibat pada pemungutan suara tanggal 14 Februari 2024 mendatang, baik itu Jajarannya maupun pihak KPU, Bawaslu dan Pemerintah Daerah dalam hal ini Dukcapil Ende serta Pol-PP Kabupaten Ende.

"Rapat Koordinasi ini kita membahas Kesiapan Pengamanan Pelaksanaan Pemilu Tahun 2024, serta Paparan materi dari masing masing Narasumber baik dari Ketua KPU Kabupaten Ende, Ketua Banwaslu, Kadis Dukcapil dan Kasat Pol PP'. Ucap Kapolres Ende.

Adapun materi yang disampaikan oleh Narasumber antara lain : 

-Ketua KPU Kabupaten Ende menyampaikan materi terkait penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 tingkat Kabupaten Ende yang meliputi kesiapan Logistik Pemilu, Mekanisme pemungutan suara dan Rekapitulasi perhitungan perolehan suara serta kendala terkait Jumlah pemilih potensial Non E - KTP yang belum melakukan perekaman. 
Pergeseran Logistik Pemilu akan dilaksanakan mulai pada tanggal 10 Februari sampai dengan tanggal 13 Februari Tahun 2024.

-Kadis Dukcapil Kabupaten Ende menyampaikan materi terkait Progres perekaman bagi pemilih potensial non E - KTP sampai dengan tanggal 30 Januari 2024 dengan Rincian :
# Pemilih Potensial Non E - KTP : 20.112
# Sudah di Rekam : 15.781
# Belum di Rekam : 4.331 
Dinas Dukcapil saat ini masi membuka pelayanan perekaman hingga H-1 Pemungutan Suara  (13 Februari 2024 )

-Komisioner Bawaslu Kabupaten Ende menyampaikan materi terkait dengan Evaluasi Pelaksanaan Kampanye oleh Caleg / Parpol Peserta Pemilu Tahun 2024. Dimana terdapat banyak kegiatan kampanye tidak dilengkapi dengan STTP sehingga harus diberikan peringatan atau penghentian kegiatan.

-Satpol - PP Menyampaikan materi terkait dengan kesiapan Personel Linmas yang akan melaksanakan pengamanan TPS pada pemilu Tahun 2024 di mana dari 21 Kecamatan di Kabupaten Ende baru terdata 17 Kecamatan sedangkan untuk Kecamatan lainnya paling lambat akan diinput pada hari Rabu tanggal 31 Januari 2024.

Kegiatan Rapat Koordinasi berakhir pukul 10.20 wita. (HumasPolresEnde)