Sikapi Cuaca Ekstrem, Kapolres Ende Pimpin Apel Gelar Pasukan Siaga Bencana

Sikapi Cuaca Ekstrem, Kapolres Ende Pimpin Apel Gelar Pasukan Siaga Bencana

TribrataNewsEnde.Com - Memasuki akhir tahun ini dengan prediksi cuaca ekstrim yang bisa menimbulkan terjadinya bencana alam, maka untuk antisipasi hal tersebut Polres Ende melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka kesiapan menghadapi bencana cuaca ekstrim tahun 2022 di wilayah hukum Polres Ende, Jumat (18/02/22) pukul 08.10 wita.

Pelaksanaan Apel gelar pasukan bertempat dihalaman Apel  Mapolres Ende dan yang bertindak sebagai Inspektur Apel Kapolres Ende AKBP Andre Librian, S.I.K., dan yang menjadi Komandan apel yakni Kasikeu Polres Ende Ipda I Gede Wisna, SH.

Dengan peserta apel terdiri dari  anggota POM AD, anggota Kodim 1602 Ende, anggota Sat Brimob Batalion B Pelopor Ende, anggota Satsbhara Polres Ende, anggota Satlantas Polres Ende, anggota gabungan Staf Polres Ende, anggota gabungan Satintelkm, Satreskrim, Satnarkoba Polres Ende, Sat Pol PP Kab. Ende serta Basarnas Kab. Ende.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan pengecekan sarana prasarana yang disiapkan sebagai antisipasi bencana alam di wilayah Kabupaten Ende. Sekaligus pengecekan kesiapan personil yang akan terlibat dalam penanganan bencana.

Kapolres Ende  AKBP Andre Librian, S.I.K., ketika membacakan sambutan Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat  menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan apel gelar pasukan ini dalam rangka kesiapan menghadapi bencana cuaca ekstrim  yaitu :

1. Membangun kewaspadaan dan kesiapsiagaan bersama untuk menghadapi keadaan darurat yang diakibatkan oleh cuaca ekstrem

2. Memastikan ketersediaan dan kesiapan berbagai peralatan penangulangan bencana untuk dapat digunakan pada saat tanggap darurat.

3. Meningkatkan koordinasi, kolaborasi dan memastikan peran setiap stake holder dalam penanggulangan bencana cuaca ekstrem.

4. Memastikan aktifnya Pos Komando Siaga Cuaca Ekstrem di setiap unit yang siap disatukan dalam Pos Komando Tanggap Darurat tingkat Provinsi NTT.

Selain itu, dalam rangka mengantisipasi kemungkinan buruk yang dipicu oleh cuaca ekstrem Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat dalam sambutannya juga menghimbau kepada Pemerintah Kabupaten/Kota dan seluruh masyarakat untuk melakukan beberapa hal antara lain :

1. Meningkatkan kewaspadaan dan terus monitor informasi cuaca yang bersumber dari BMKG dan memastikan peringatan dini tersampaikan kepada warga masyarakat.

2. Mengaktifkan Posko Siaga Cuaca Ekstrem dan melaporkan setiap perkembangan situasi dilapangan.

3. Menetapkan titik evakuasi dan memastikan jalur evakuasi aman dan diketahui oleh warga masyarakat.

4. Memastikan ketersediaan dukungan logistik berupa beras dan lainnya untuk kondisi darurat.

5. Membersihkan pohon/ranting pohon yang rapuh dan mudah patah di sekitar rumah/kantor, jalan dan fasilitas umum lainnya.

6. Memperbaiki dan perkuat atap rumah/kantor

7. Membersihkan sampah di selokan/kali.

Demikianlah beberapa hal yang dapat disampaikan. Saya mengucapkan terima kasih kepada kita semua atas partisipasinya untuk melaksanakan Apel Gelar Pasukan dan Peralatan ini. Tetap waspada, jangan panik dan siaga untuk selamat. (HumasPolres Ende).