Kapolres Ende Pimpin Rakor Lintas Sektoral, Siap Amankan Perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021

Kapolres Ende Pimpin Rakor Lintas Sektoral, Siap Amankan Perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021

TribrataNewsEnde.Com - Samakan persepsi dan kesiapan pengamanan dan pelayanan pada perayaan Natal 2020 dan menyambut Tahun Baru 2021, Polres Ende menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Operasi Lilin Turangga 2020.

Kegiatan tersebut dilangsungkan di Ruangan PPKO Polres Ende, Jumat (18/12/20) pukul 09.00 Wita, dan diikuti oleh Asisten II Pemda Kab. Ende, Kabag Ops Polres Ende, Kasat Intelkam Polres Ende, Pasi Intel Kodim 1602 Ende, Danto V Brimob Ende, Dansub Denpom / 9 /1/ Ende, Pimpinan BUMN Kab. Ende, Senkom Kab. Ende dan Perwakilan dari masing- masing Paroki se Wilayah Kota Ende.

Pukul 09.00 wita kegiatan diawali dengan Vicon bersama Kapolda NTT dari Gedung Rupatama Polda NTT dengan agenda Vicon yakni Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Dalam Rangka Kesiapan Pengamanan Natal Dan Tahun Baru 2020 yang dipimpin langsung oleh Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, SH, M. Hum serta didampingi oleh Pejabat Utama Polda NTT.

Adapun penekanan Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, SH, M. Hum, terkait dengan kesiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2021 yakni Ucapan terima kasih atas kerja sama atas kelancaran pelaksanaa Pilkada Serentak, Kegiatan patroli lalu lintas lebih di tingkatkan lagi terutama pada saat perayaan malam tahun baru mengingat banyak terjadi kecelakaan lalu lintas pada malam tahun baru.Setiap pelaksanaan kegiatan tetap memperhatikan protokoler kesehatan, Tidak boleh mengeluarkan ijin keramaian untuk perayaan malam tahun baru dan apabila ada pelanggaran akan diproses, Antispasi terjadi kelengkaan BBM dan Sembako, Perayaan natal tetap dilaksanakan dengan memperhatikan protokoler kesehatan, Pengelolaan obyek wisata harus tetap mematuhi protokoler kesehatan serta Tetap mempertahankan toleransi antar umat bergama.

Setelah pelaksanaan kegiatan vicon, dilanjutkan dengan Rapat Lintas Sektoral tingkat Kab. Ende terkait dengan Operasi lilin tahun 2020 dan Pengamanan malam Tahun Baru 2021 yang dipimpin langsung oleh Kapolres Ende AKBP. Albertus Andreana,SIK.

Adapun beberapa penekanan Kapolres Ende terkait dengan kesiapan menghadapi Natal dan Tahun Baru 2021 yakni Perayaan natal dan tahun baru adalah tanggung jawab kita bersama, sehingga dibutuhkan kerjasama yang baik. Tanggal 22 Desember kita akan melaksanakan Pilkades serentak untuk itu sangat dibutuhkan kesiapan dari kita semua terutama menjaga keamanan sehingga situasi tetap kondusif. Selama masa pandemi, tidak boleh ada ijin keramaian. Banyak masyarakat yang melaksanakan kegiatan tanpa ada ijin keramaian yang perlu dtindak lanjuti. Selama pelaksanaa kegiatan keagamaan tetap memperharikan Protokoler kesehatan. Dibuatkan Pos Pam dan Pos Yan dalam rangka pelaksanaan Natal dan Tahun Baru. Kegiatan steril di tempat ibadah harus melibatkan Dinkes dan Satgas Covid 19. Pada saat pelaksanaan Natal dan Tahun baru perlu dilaksanakan parltroli gabungan.

“Saya berharap dengan dilaksanakan Rakor ini seluruh instansi terkait dapat bersinergi dan menyamakan persepsi dalam rangka menjamin keamanan dan memberikan pelayanan kepada warga masyarakat yang merayakan Natal 2020 dan menyambut tahun 2021 di Wilayah Kabupaten Ende,” harap Kapolres.

Setelah Penekanan dari Kapolres Ende dilanjutkan paparan dari Kabag Ops Polres Ende AKP I Wayan Oka Deswanta, SE,  terkait dengan pelaksanaan Operasi Lilin 2020 dan Malam pengamanan Tahun Baru 2021, setelah paparan ddilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari masing - masing peserta Rakor. (Humas Polres Ende)