Jelang Ops Ketupat Ranakah 2021, Kapolres Ende Pimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektoral

Jelang Ops Ketupat Ranakah 2021, Kapolres Ende Pimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektoral

TribrataNewsEnde.Com - Menjelang hari raya Idul Fitri 1442 H, Polres Ende menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka kesiapan Ops Ketupat Ranakah 2021, Rabu (5/5/21) pukul 10.30 wita.

Kegiatan digelar di ruang PPKO Polres Ende dipimpin langsung oleh Kapolres Ende AKBP Albertus Andreana, S.I.K., serta dihadiri oleh Kabag Ops Polres Ende, Asisten I Kab. Ende, Kaban Kesbangpolinmas Kab. Ende, Kadis PUPR Kab. Ende, Wakil MUI Kab. Ende, Pengurus PHBI Kab Ende, Wakil Senkom Kab. Ende, Dansub Denpom Ende, KBO Satintelkam Polres Ende, Koordinator Pos SAR Ende Zulkarnain Kasim, Kasi TOKPD Bandara Ende, Supervaisor RSD Pertamina Ende, Kasi Pelkes Dinkes Kab. Ende, Kabid Darat dan Laut Dinas Perhubungan Darat Kab. Ende, Kasi Ops Bulog Ende, Opjar PLN Ende dan Batih Ops Kodim 1602 Ende.

Kegiatan diawali dengan sambutan Kapolres Ende dengan inti sambutan yang disampaikan yakni Rapat Koordinasi yang berlangsung saat ini merupakan kesiapan kita dalam melaksanakan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H dan larangan mudik di wilayah Kab. Ende.

Perlu ketahui bersama bahwa saat ini kita masih dilanda pendemi Covid 19, yang mana sesuai dengan data dari Satgas Covid 19 Kab. Ende hingga saat ini terus mengalami peningkatan sehingga sangat dibutuhkan perhatian dan upaya kita bersama untuk menekan penyebaran Virus Covid 19 di Kab.Ende, terutama selama pelaksanaan hari Raya Idul Fitri.

Upaya pemerintah dalam melakukan upaya pencegahan penyebaran covid 19 selama Hari Raya Idul Fitri 1442 H adalah adanya larangan mudik serta penerapan Prokes pada saat pelaksanaan ibadah yang perlu kita tindak lanjuti bersama guna menekan penyebaran Covid 19 di Kab. Ende.

Terkait dengan lokasi pelaksanaan sholat Idul Fitri 1442 H, kami dari pihak Kepolisian sangat mengharapkan agar pelaksanaannya dilaksanakan di Mesjid  masing - masing", Ucap Kapolres Ende AKBP Albertus Andreana, S.I.K.

Selesai arahan dari Kapolres dilanjutkan paparan berturut turut  dari masing-masing Instansi di mulai dari Asisten I Kab. Ende, Dinas Perhuhungan Darat Kab. Ende, Pelni Kab. Ende, Dinas Kesehatan Kab. Ende, Pertamina Ende, dan terakhir paparan dari KBO Satintelkam Polres Ende.

Adapun hasil rapat lintas sektoral sbb :
- Sesuai dengan penyampaian Asisten I Kab. Ende Drs. Abraham Badu bahwa hasil rapat Bupati Ende dengan Ketua PHBI, Ketua Ormas Islam dan tokoh agama Islam di ruang kerja Bupati Ende Rabu 5 Mei 2021 yakni;
Pelaksanaan sholat Idul Fitri diselenggarakan di Masjid masing - masing dengan tetap mengikuti dan menerapkan Prokes Cegah Covid 19.

- Dinas Perhubungan Laut, Udara dan PT Pelni telah menindak lanjuti apa yang menjadi instruksi Pemerintah terkait dengan larang mudik dengan melakukan berbagai upaya seperti menjaga perbatasan, pembatalan penerbangan dan pembatasan penumpang kapal.

- Sesuai dengan penyampaian dari pihak Pertamina Kab. Ende, Untuk BBM dan Stok minyak tanah di Kab. Ende jumlah ketersediannya bisa mencukupi 10 hari kedepan.

- TNI dan Sat Pol PP Kab. Ende siap back up/membantu Polri / Polres Ende dalam melakukan pengamanan hari Raya Idul Fitri.tgl 13 Mei 2021.

Kegiatan berakhir pada pukul 11. 40 wita  berjalan aman dan lancar. (Humas Polres Ende)