Kapolres Ende dan Ketua Bhayangkari Cabang Ende Hadiri Upacara HUT RI Ke-77

Kapolres Ende dan Ketua Bhayangkari Cabang Ende Hadiri Upacara HUT RI Ke-77

TribrataNewsEnde.Com - Hari ini tepat pada tanggal 17 Agustus 2022, Negara Kesatuan Republik Indonesia memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tahun 2022.

Seluruh masyarakat Indonesia memperingati Hari Kemerdekaan dengan melaksanakan Upacara Bendera, begitu juga Pemerintah Kota Ende yang melaksanakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati HUT RI yang ke-77 di Lapangan Pancasila Ende dengan mengusung tema yani Tema nasional "Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat." sedangkan Tema Kabupaten  "Semangat Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 Menjadikan Ende Pulih dan Bangkit Bersama Mewujudkan Ende Sejahtera dan Berkeadilan."

Bertindak selaku Inspektur Upacara Bupati Ende Drs. H. Djafar H. Achmad, MM., Komandan Upacara Danki Senapan C Yonif 743/PSY Kapten Inf. Laode Sadiran, Perwira Upacara : Pasi Pers Kodim 1602/Ende Lettu Inf. Ilham Amir serta dihadiri oleh unsur forkopimda dan TNI - Polri serta pelajar dan beberapa kelompok masyarakat Kabupaten Ende. 

Bupati Ende Drs. H. Djafar H. Achmad, MM.,dalam amanatnya menyampaian Terima kasih disampaikan kepada semua pihak yang telah hadir dalam upacara ini dan sebagai momen untuk mencintai perjuangan para pahlawan untuk mempertahankan kemerdekaan RI.

Saat ini sudah ada Wakil Bupati Ende yang telah dilantik oleh Gubernur NTT atas nama Presiden RI untuk mengisi kekosongan Jabatan Wakil Bupati Ende masa jabatan tahun 2019 - 2024 demi melanjutkan Visi Misi Marsel - Djafar yang telah tertuang dalam RPJMD Kabupaten Ende.

Tema yang diangkat ini mengandung makna yakni mulai berjuang dan bangkit dari segala keterpurukan akibat Pandemi Covid-19, dengan melakukan upaya peningkatan di segala bidang kehidupan sesuai peran masing-masing dengan semangat inovasi dalam membangun kemandirian bangsa dan daerah.

Kita semua dituntun untuk membuktikan kinerja dalam semangat kerja cerdas, kerja nyata dan kerja tuntas dalam bingkai kerja sama dan sama-sama bekerja. Kerja kita bukan hanya sebatas kerja tetapi harus mampu menambah nilai guna bagi kemajuan bangsa.

Tahun 2022 telah dicanangkan sebagai tahun kerja, maka ditegaskan kepada semua aparatur Daerah, Kecamatan serta Desa/Kelurahan dengan pembuktian kerja yang baik pada aspek perencanaan dan pelaksanaan.

Suatu kebanggaan bagi Kabupaten  Ende karena Presiden RI Joko Widodo berkenan hadir di Ende dalam kunjungan kerja dan berdiri di podium ini untuk memimpin upacara hari lahir yang Pancasila.

Hal ini mempertegas bahwa Ende sebagai rahim Pancasila, dimana Bung Karno menemukan butir Pancasila saat merenung dibawa pohon sukun dan diilhami oleh pengalaman kehidupan masyarakat Kab. Ende yang hidup berdamai dalam keberagaman.

Ucapan selamat bagi perse junior yang telah memperoleh juara 2 dalam turnamen sepak bola Soeratin Cup U-17. Ende sudah menjadi tuan rumah yang baik.

Ucapan terimakasih kepada pihak keamanan dan semua komponen dalam menjaga keamanan saat presiden berada di Ende, kesan positif kenyamanan disampaikan sendiri oleh Presiden.

Presiden mengagendakan pertemuan khusus bersama Bupati Ende di Istana yang saat ini sedang dikomunikasian dengan para pihak untuk membahas kebutuhan pembangunan Kabupaten Ende ke depan.

Saat ini sedang dilakukan upaya pembenahan untuk memperluas transportasi laut darat dan udara,
berkoordinasi dengan PLN untuk kebutuhan elektrifikasi dan diharapkan tahun 2023 seluruh desa di Ende dialiri listrik. Saat ini ada tambahan pasokan energi listrik 5 Mega Watt dari tenaga uap Mutubusa - Sokoria.

Pos TNI AL akan di tingkatkan menjadi Lanal yang akan diberi nama Lanal Gerugiwa. Kantor Transmigrasi akan ada di Ende untuk menjawab kebutuhan masyarakat, akan ada tunjangan aparatur desa, bantuan sambungan air dan listrik, pembenahan destinasi wisata dan perpustakaan galeri bung Karno. Ende akan menjadi tempat belajar Pancasila.

Kerja sama dengan jasa penyedia tenaga kerja luar negri demi pelatihan tenaga kerja sebelum ke luar negeri.

Pariwisata ideologi Pancasila sebagai satu satunya wisata sejarah di Kabupaten Ende. Peningkatan Danau Kelimutu menjadi Geopark Kelimutu.

Dalam semangat tahun kerja dipastikan semua rencana kerja daerah bisa dilaksanakan yaitu percepatan kegiatan prioritas untuk peningkatan pelayanan dasar demi kemajuan masyarakat.

Peningkatan jalur paralel, Rumah layak huni 250 unit, dan peningkatan jalan kabupaten dan beberapa peningkatan destinasi wisata baru kabupaten Ende.

Peningkatan sektor ekonomi dengan menggali potensi daerah demi mendongkrak penerimaan daerah.

Terimakasih untuk semua elemen yang telah memberikan dukungan tulus untuk Bupati dan Wakil Bupati, mari membangun Ende menuju perubahan dalam semangat keharmonisan.

Setelah selesai amanat Bupati Ende dilanjutkan Pemberian Remisi Kemerdekaan  Kepada Para Pidana yang Menjalani masa hukuman di Lapas Klas II B Ende sebanyak 133 orang..

Acara di lanjutkan dengan display Marchind Band SMAK Frateran Ndao Ende dan Devile antar instansi dan Antar Pelajar SeKabupaten Ende.

Upacara peringatan HUT ke 77 juga dilaksanakan diseluruh Polsek jajaran Polres Ende. Seluruh rangkaian kegiatan upacara peringatan HUT RI berjalan aman dan  terkendali.(HumasPolresEnde)