Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Turangga 2023, Kapolres Ende Bacakan Amanat Kapolda NTT

Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Turangga 2023, Kapolres Ende Bacakan Amanat Kapolda NTT
Kapolres Ende memasang pita kepada perwakilan peserta sebagai tanda mulainya Operasi Patuh Turangga 2023

TrIbrataNewsEnde.Com - Dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, Polres Ende menggelar Apel gelar pasukan operasi patuh turangga 2023 " Patuh dan Tertib Berlalu Lintas Cerminan Moralitas Bangsa" Senin (10/7/2023) Pukul 08.50 Wita.

Kegiatan Apel gelar pasukan dihadiri oleh Danki Brimob Kompi 3 Batalyon B Pelopor Ende, Danki Kompi Senapan C Yonif 743/PSY Ende, Danpos Lanud TNI AL dan Kepala Jasa Harja Ende bersama Staf serta peserta Apel lainya. Apel Gelar pasukan Operasi Patuh Turangga 2023 ditandai dengan penyematan Pita tanda operasi kepada perwakilan dari anggota Lantas, anggota Subden Pom Ende dan anggota Dishub Ende.

Kapolres Ende AKBP Andre Librian, S.I.K., selaku inspektur upacara yang membacakan amanat Kapolda NTT dalam arahannya mengatakan Operasi Patuh ini merupakan jenis operasi harkamtibmas yang mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasif serta humanis di dukung gakkum lantas secara elektronik (statis dan mobile) dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

"Sasaran operasi ini meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang dapat menghambat dan mengganggu kamseltibcarlantas dengan berpedoman pada sasaran tersebut di atas, maka diharapkan operasi patuh tahun ini dapat menekan jumlah korban fatalitas laka lantas, meminimalisir kemacetan lalu lintas, meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalulintas serta terwujudnya kamseltibcarlantas yang mantap". Ucap Kapolres Ende dalam amanatnya.

Salah satu yang menjadi fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi para pengguna jalan, keselamatan memeang sesuatu yang pertama dan utama dalam berlalu lintas, dalam konteks ini lalu lintas dapat di pahami sebagai urat nadi kehidupan, cermin budaya bangsa dan cermin tingkat modernitas. tambah Kapolres Ende.

"Operasi Patuh Turangga 2023 dalam rangka Cipta Kondisi kamseltibcarlantas ini di laksanakan selama 14 hari yang di mulai pada 10 juli sampai dengan 23 juli 2023 yang serentak dilaksanakan di seluruh indonesia" Ucap Kapolres Ende.

Adapun Penekanan Kapolda NTT yang di bacakan oleh Kapolres Ende sebagai Inspektur upacara selama pelaksanaan operasi agar :
- Melaksanakan deteksi dini, penyelidikan dan pemetaan terhadap lokasi atau tempat yang rawan terhadap kemacetan, pelanggaran, dan kecelakaan lalu lintas masyarakat.
- Melaksanakan pembinaan dan penyuluhan kepada seluruh kamseltibcarlantas tentang kegiatan berupa sosialisasi, penyuluhan, melalui pemasangan spanduk, banner, baliho, penyebaran leaflet dan stiker serta melalui media cetak, media elektronik, dan media sosial.
- Melaksanakan edukasi dan membangun kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas.
- Hindari tindakan kontraproduktif yang dapat merusak citra Polri.
* Melaksanakan Gakkum Secara Elektronik (Statis Dan Mobile) serta teguran subjektif dan humanis terhadap masyarakat yang melakukan pelanggaran lalu lintas.
- Malakukan Counter Opini terhadap berita berita hoaks dimedia sosial, Online maupun Mainstream terkait ops patuh 2023 yang dilaksanakan.
- Selalu memanjatkan Doa agar operasi patuh tahun 2023 memberikan  dampak dan manfaat bagi masyarakat.

Diakhir sambutanya Kapolres Ende mengucapkan selamat melaksanakan tugas operasi kepolisian dengan sandi Operasi Patuh Turangga 2023 semoga tuhan yang maha esa selalu memberikan bimbingan kekuatan dan petunjuk kepada kita  semua, sehingga kita dapat melaksanakan tugas dan pengabdian kepada masyarakat bangsa dan negara serta Polri yang kita cintai ini, Ucapnya. (HumasPolresEnde)