Mantapkan Pelaksanaan Operasi Patuh Turangga 2023, Polres Ende Laksanakan Latihan Pra Operasi

Mantapkan Pelaksanaan Operasi Patuh Turangga 2023, Polres Ende Laksanakan Latihan Pra Operasi
Mantapkan Pelaksanaan Operasi Patuh Turangga 2023, Polres Ende Laksanakan Latihan Pra Operasi

TribrataNewsEnde.com - Dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, Kepolisian Resor Ende mulai tanggal 10 sampai 23 juli 2023 akan melaksanakan Operasi Patuh Turangga 2023.

Berkaitan dengan kesiapan operasi yang akan dilaksanakan selama 14 hari ini, Polres Belu menggelar latihan pra operasi (lat pra ops) yang berlangsung di Ruang PPKO Polres Ende, Senin (10/7/2023).

Latihan Pra Ops Patuh yang dilaksanakan pagi tadi pukul 09.00 WITA, dipimpin Kabagops Polres Ende, AKP I Wayan Oka Deswanta, SE yang dihadiri seluruh peserta yang terlibat dalam operasi tersebut.

Saat membuka kegiatan tersebut, Kabgops menuturkan, operasi Patuh ini merupakan jenis operasi harkamtibmas yang mengedepankan preemtif dan preventif disertai persuasif serta humanis dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Sehingga dalam pelaksanaan operasi nantinya, anggota diminta untuk tidak under estimate dengan selalu mempedomani petunjuk, cara bertindak serta ketentuan- ketentuan dalam operasi Patuh kali ini.

"Dan perlu rekan-rekan ketahui, operasi yang akan kita laksanakan selama 14 hari nanti tidak jauh beda dengan tahun lalu dimana selain meminimalisir kemacetan lalu lintas, kita juga berkewajiban meningkatkan disiplin masyarakat" tutur Kabagops.

"Jadi saya minta pahami betul sasaran operasi, laksanakan operasi secara maksimal dan sungguh-sungguh. Namun upayakan selalu melalui pendekatan humanis. Laksanakan juga kegiatan sosialisasi dan himbauan secara simpatik, baik secara langsung di jalan raya, sekolah-sekolah maupun memanfaatkan media sosial" ungkap AKP Oka.

Dalam pelaksanaannya nanti, selain fungsi Lalu Lintas yang dikedepankan, Satuan fungsi lainnya yang ada di Polres maupun Intansi terkait akan di libatkan dalam operasi ini.

“Jadi dalam operasi ini ada 4 satgas antara lain Satgas Preemtif, preventif, gakkum dan Satgas Ban Ops. Disini Saya tekankan, Dalam pelaksanaan nantinya misalnya ada pelanggaran lalu lintas, lakukan penindakan sesuai dengan aturan" pinta Kabagops.

"Kalau pelanggarannya bersifat ringan, bisa dikasi teguran secara lisan. Kita harus humanis namun tegas dan tidak ada anggota yang nakal di lapangan” tegas AKP Oka.

Kegiatan yang diikuti sejumlah Perwira Staf dan Brigadir yang terlibat dalam operasi Patuh Turangga 2023 ini juga diisi dengan paparan oleh Kasubbagdalops Bagops Polres Ende, Iptu Mahmud Derang tentang rencana dan dinamika operasi, pembentukan satuan tugas, tugas satgas serta sistem pelaporan harian satgas dan posko kesatuan atas.

Usai paparan dari Kasubbagdalops, kegiatan dilanjutkan dengan paparan dari Instruktur latihan dalam hal ini dibawakan Kasat Lantas Polres Ende, Ipda I Gusti Komang Astina, S.H tentang maping langgar dan laka lantas, target selama kegiatan operasi dan cara bertindak satgas dilapangan baik preemtif, preventif dan gakkum lantas selama operasi.

Kasat Lantas juga menambahkan terkait 7 sasaran prioritas pelaksanaan Operasi Patuh Turangga 2023 diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Pengemudi / Pengendara yang menggunakan ponsel

2. Pengemudi / Pengendara dibawah umur

3. Pengemudi / Pengendara Bonceng lebih dari 1 orang

4. Pengemudi / Pengendara tidak menggunakan helm standar & tidak pakai seat belt

5. Pengemudi/ Pengendara dalam pengaruh alkohol

6. Pengemudi / Pengendara ranmor yang melawan arus.

7. Pengemudi / Pengendara yang melebihi batas kecepatan (HumasPolresEnde)