Antisipasi Bencana Alam, Polres Ende Gelar Apel Siaga Bersama Instansi Terkait

Antisipasi Bencana Alam, Polres Ende Gelar Apel Siaga Bersama Instansi Terkait
Kapolres Ende saat pengecekan Pasukan Apel siaga bencana 2024

TribrataNewsEnde.Com - Hadapi bencana alam tahun 2024, Polres Ende bersama instansi terkait kembali melaksanakan Apel siaga bencana yang berlangsung di lapangan Apel Polres Ende, Jln. Pahlawan Kelurahan Potulando Kecamatan Ende Tengah. Rabu (13/3/2024) Pukul 08.30 Wita.

Kegaiatan Apel dipimpin oleh Kapolres Ende AKBP I Gede Ngurah Joni Mahardika, S.H, S.I.K, M.H sbagai pimpinan Apel dan dihadiri oleh Waka Polres Ende, Para Kabag, Kasat, Danki Kompi Senapan C, Danki Kompi 3 Batalyon B Pelopor Ende, Kasat Pol PP Kabupaten Ende serta di hadiri oleh peserta Apel dari berbagai instansi terkait.

Kapolres Ende AKBP I Gede Ngurah Joni Mahardika, S.H, S.I.K, M.H selaku pimpinan Apel dalam sambutanya mengatakan sengaja kita laksanakan Apel ini kita ingin mengecek kesiapan kita karena beberapa saat yang lalu sesuai dengan informasi dari BMKG ada cuaca cukup ekstrim di beberapa wilayah di Indonesia dan salah satunya di NTT dan salah satuya terjadi di Ende," ucap Kapolres Ende.

Sesuai dengan data kejadian yang dilaporkan oleh Kapolsek Jajaran Polres Ende sampai dengan tanggal 12 Maret 2024, ada beberapa kejadian sebagai dampak cuaca Ekstrim yakni gelombang Pasang, Hujan di sertai Angin Kencang, diantarnya  : 

1. Tumbangnya Pohon Yang menutupi Akses Jalan Jurusan Wolowaru - Moni tepatmya di Km 16 Desa Nualise Kecamatan Wolowaru. 

2. Kerusakan tembok penahan abrasi sepanjang + 50 Meter di Dusun Rekko Desa Rengamenge Kecamatan Pulau Ende.

3. Kerusakan Rumah warga di Desa Ngalupoli, Kecamatan Ndona sebanyak 4 rumah terdiri dari 2 rumah permanen dan 1 rumah darurat dengan kondisi kerusakan atap seng terlepas.

"Kita mengantisipasi kejadian ini jangan sampai meningka, syukur syukur kalau sudah berkurang,  seandainya meningkat kita sudah siap makanya hari ini kita laksanakan Apel Siaga bencana dengan beberapa alat yang ada di kita, dan kita ingin mengecek kesiapan rekan-rekan serta memudahkan komunikasi dan konsolidasi seandainya itu terjadi". Ucap Kapolres Ende.

Semoga dengan Apel siaga ini atau setelah pelaksanaan Apel ini saya harapkan ini bukan hanya sekedar Apel biasa saja namun mengecek kesiapan kita memudahkan kita komunikasi yang satu dengan yang lainya antar instansi yang ada di Kabupaten Ende misalnya terjadi bencana dimana kami dari Polres berkomunikasi dengan teman2 intansi lainya baik dari Kodim 1602 Ende, Yoinif, Brimob, Sat Pol PP, Tagana, BPBD dan rekan rekan lainya, Semoga dengan Apel ini kita memantapkan kembali Konsolidasi antar instasi sehingga bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Tambah Kapolres Ende.

Selasai Kegiatan Apel Gelar Pasukan berkahir pukul 08.50 wita dan dilanjutkan dengan kegiatan Kurvei di seputaran Jln. Eltari, Simpang 5, Jln. Ahmad Yani. (HumasPolresEnde).