Kapolres Ende Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Ranakah 2021

Kapolres Ende Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Ranakah 2021

TribrataNewsEnde.Com - Kepala Kepolisian Resor Ende AKBP Albertus Andreana, S.I.K., Pimpin langsung pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Ranakah – 2021 di Lapangan Apel Polres Ende, dengan tema meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat di bidang Kamseltibcarlantas di tengah pandemi Covid 19, Senin (20/09/21) pukul 08.00 Wita.

Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Ranakah – 2021 dihadiri oleh  Dandim 1602/Ende Letkol Inf. Nelson Paido Makmur,SIP, Dansubdenpom IX/1-1 Ende Lettu. CPM Stefanus Kopong Ola, Kabid Darat Dishub Ende Zainudin Ismail.

“Permasalah di bidang lalu lintas dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis. Perkembangan transportasi juga telah memasuki era digitas dimana operasi order angkutan Publik sudah berada dalam genggaman, cukup menggunakan handphone. Moderninasi ini perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja Polri khususnya Polantas, sehingga mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari moderninasi transportasi tersebut. Polisi Lalu Lintas terus berupaya melaksanakan program Kapolri yang disebut PRESISI,” ungkap Kapolres saat membacakan amanat Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur Irjen Pol. Lotharia Latif, S.H., M.Hum.

Salah satu yang menjadi fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan. Keselamatan memang sesuatu yang pertama dan utama dalam berlalu lintas. Dalam konteks ini, lalu lintas dapat dipahami sebagai urat nadi kehidupan, cermin budaya bangsa dan cermin tingkat modernitas.

“Dalam rangka cipta kondisi kamseltibcarlantas di tengah pandemi Covid-19, Polri melaksanakan Operasi Kepolisian di tingkat Polda dan Polres dengan sandi Operasi Keselamatan Ranakah 2021, yang dilaksanakan selama 14 hari, dimulai dari tanggal 20 September sampai dengan 03 Oktober2021, secara serentak di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Operasi Patuh ini, jelas Kapolres merupakan jenis operasi Harkamtibmas yang mengedepankan giat preemntif, preventif disertai presuasif serta humanis. Ini dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

“Sasaran operasinya sendiri meliputi segala aspek potensi gangguan, ambang gangguan. Terutama dan gangguan nyata yang dapat menghambat dan mengganggu Kamseltibcar lantas serta penyebaran Covid-19 ,” jelas AKBP Albertus Andreana, S.I.K.

“Sebelum mengakhiri sambutan ini, kepada seluruh jajaran, perlu saya tekankan kembali, selama pelaksanaan operasi agar :

  1. Melaksanakan deteksi dini, penyelidikan dan pemetaan terhadap lokasi atau tempat rawan terhadap kemacetan, pelanggaran, dan kecelakaan lalu lintas serta lokasi penyebaran virus covid-19;
  2. Melaksanakan pembinaan dan penyuluhan kepada seluruh masyarakat tentang kamseltibcarlantas dan bahaya covid-19 berupa kegiatan sosialisasi, penyuluhan, melalui pemasangan spanduk, banner, baliho, penyebaran leaflet dan stiker serta melalui media cetak, media elektronik, dan media sosial;
  3. Hindari tindakan kontraproduktif yang dapat merusak citra Polri;
  4. Lakukan Operasi Keselamatan ini dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat;
  5. Kita wujudkan kamseltibcarlantas yang mantap dan pencegahan penyebaran covid-19 dengan meningkatkan disiplin protokol kesehatan, serta tidak melaksanakan mudik lebaran tahun 2021;
  6. Selalu memanjatkan doa agar Operasi Keselamatan Tahun 2021 yang dilaksanakan dapat memberikan dampak dan manfaat bagi masyarakat.”

Demikianlah sambutan saya semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan bimbingan, kekuatan dan petunjuk kepada kita semua sehingga kita dapat melaksanakan Tugas dan Pengabdian kepada masyarakat Bangsa dan Negara serta Polri yang kita cintai ini. (HumasPolresEnde).