Kapolsek Jajaran Polres Ende Hadiri Pertemuan Dalam Rangka Penempatan Tim Gugus Tugas Covid-19 Di Wilayah Perbatasan

Kapolsek Jajaran Polres Ende Hadiri Pertemuan Dalam Rangka Penempatan Tim Gugus Tugas Covid-19 Di Wilayah Perbatasan

TribrataNewsEnde – Dalam rangka penempatan tim gugus tugas di wilayah perbatasan untuk mendukung kegiatan pengamanan pencegahan dan penanganan penyebaran covid 19, diadakan pertemuan bersama forkopimca wilayah perbatasan Kab. Ende yang digelar di Aula Makodim 1602/Ende, Jl. Kartini, Kec. Ende Utara, Kab. Ende, Jumat (29/5).

Hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 1602/Ende Letkol Inf. M. Fuad Suparlin, S.I.P, M.Tr(Han), para perwira staf berserta Danramil, Kepala Dinas Perhubungan Kab. Ende, Camat Nangapanda, Camat Lio Timur, Camat Maukaro, Camat Kota Baru, Kapolsek Lio Timur, Kapolsek Nangapanda, Kapolsek Maukaro, Kapolsek Maurole dan Kapospol Kota Baru.

Dandim 102/Ende dalam arahannya mengatakan, laksanakan pengawasan perbatasan agar tidak terjadi penumpukkan ataun antrian kendaraan yang berlebihan yang mana kita harus mempersiapkan diri untuk menuju new normal.

“Kita belum dalam kategori new normal, tatapi menuju new normal, sebab itu kita perlu mensosialisasikan kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dalam mematuhi protokol kesehatan” tegas Dandim dalam arahannya.

Ia juga mengatakan, new normal berarti kita kembali beraktivitas seperti biasa, namun tetap mengutamakan protokol kesehatan, oleh karena itu, kita harus tegas dalam pengawasan yang menjadi tugas dan tanggung jawab bersama.

“Jangan merasa takut yang berlebihan dan berpikirlah positif, mari bersiap hidup normal, Siapkan Sarana Pembersih di setiap Perbatasan, tingkatkan pengawasan terhadap  PMI asal Kab. Ende yang akan masuk lewat jalur darat terutama akses perbatasan dan untuk para PMI akan dilakukan karantina mandiri yang terpusat di beberapa tempat akan di tetapkan oleh pemerintah Kab. Ende,” tambahnya.

Dalam diskusi pertemuan tersebut, didapatkan hasil berupa permintaan penambahan personil keamanan dan tenaga kesehatan, pemberlakuan waktu new normal, logistik kesehatan, kelengkapan administrasi untuk para pelintas perbatasan serta dukungan anggara di wilayah perbatasan.

Dalam pertemuan tersebut juga, Kadishub Kab. Ende menyampaikan, untuk memperketat wilayah perbatasan dan persiapan menuju new normal, melengkapi administrasi surat keterangan sehat pada saat akan melintasi wilayah perbatasan dan untuk masyarakat biasa agar menunjukan surat keterengan dari kelurahan dan kecamatan.

Kegiatan yang berakhir pada pukul 17.00 wita tersebut berlangsung dengan aman, tertib dan lancar. (YR)