Kapolsek Detusoko Datangi TKP Orang Gantung Diri Di Desa Rondoria

Kapolsek Detusoko Datangi TKP Orang Gantung Diri Di Desa Rondoria

TribrataNewsEnde - Kapolsek Detusoko, Polres Ende Iptu Yohanes Lede bersama anggotanya mendatangi TKP seorang pria yang ditemukan meninggal dunia akibat Gantung Diri di atas pohon beringin, di lokasi tanah adat Kuru Wena, Dusun Kuru, Desa Randoria, Kec. Detusoko,Kabupaten Ende, korban bernama Valentinus Gapo (33), warga Dusun Kuru, Desa Randoria, Kecamatan Detusoko, Kabupaten Ende. Selasa (29/09) pukul 08.00 wita.

Kapolsek Detusoko Iptu Yohanes Lede, menjelaskan Kronologis kejadian dari informasi warga bahwa pada hari Senin tanggal 28 September 2020, Sekitar pukul 15.00 wita saksi (istri korban) bersama Korban pergi ke kebun untuk memberikan makan ternak, di tempat lokasi ternak sempat bercecok mulut antara korban dan istri korban.

Menurut keterangan istri korban bahwa korban sempat memukul dirinya dengan menggunakan telapak tangan kanan di pipi sebelah kiri, dan mengeluarkan bahasa mengusir dirinya untuk kembali kerumah orang tuanya, tetapi dirinya tidak mengindahkan kata-kata korban, serta kembali kerumah korban.

Sesampainya di rumah korban, bapak kandung korban menanyakan keberadaan korban, dan di jawab oleh istrinya bahwa istrinya tidak mengetahui keberadaan korban, pada pagi hari bapak korban menanyakan lagi, jawaban istrinya dengan kata-kata yang sama, dan bapak kandung korban menangis dangan menguluarkan bahasa bahwa anaknya sudah tidak ada lagi.

Mendengar tangisan dari rumah korban, saksi Viktor Fa mendatangi rumah korban dan sempat menanyakan kepada bapak korban, "kenapa Nangis", jawaban dari bapak korban bahwa "anak saya dari tadi malam tidak pulang rumah, tolong kalian cari dulu.

Setelah mengetahui permasalahan tersebut, Saksi mengajak Saksi lain an. Primus Tuke Rega, dan beberapa warga untuk mencari korban, sekitar jam 07.45 wita sesampainya di tanah adat kuru wena, saksi melihat korban tergantung dengan sehelai tali nilon di atas pohon Beringin dengan ketinggian kurang lebih 10 meter, dan saksi berteriak meminta tolong kepada warga lainnya untuk menyampaikan kepada keluarga korban, bahwa korban sudah di ketemukan.

Sekitar jam 08.00 wita Kepala Desa Randoria melaporkan kejadian tersebut di Kepolisian Sektor Detusoko. Kapolsek Bersama Kanit Reskrim dan Kanit Intel serta Bhabinkamtibmas Desa Roa Polsek Detusoko menuju ke TKP dan bersama-sama warga untuk menurunkan korban dari atas pohon Beringin.

“Dari pemeriksaan awal oleh Dokter Puskesmas Saga an. dr. Anggraini Pandu Winata, SY, bahwa korban meninggal murni gantung diri dikarenakan tidak menemukan tanda aniaya atau kekerasan lainnya, dengan melihat kondisi serta memeriksa keadaan fisik korban", Tegas Kapolsek.

"Orang tua korban dan istri korban mengikhlaskan untuk tidak mempersoalkan atau memproses tentang kematian korban dan telah membuat surat pernyataan yang isinya menyatakan menerima bahwa kejadian tersebut di karenakan murni gantung diri, dan tidak akan menuntut secara hukum,” Tutup Kapolsek.(YR)