Kapolres Ende Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-49 Tahun 2022

Kapolres Ende Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-49 Tahun 2022
Kapolres Ende Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-49 Tahun 2022

TribrataNewsEnde.Com - Hari Ini bertepatan dengan sejarah besar dari perjuangan para pemuda Bangsa Indonesia dimana pada tanggal 28 Oktober 1928 Pemuda Indonesia mengikrarkan sumpah penyemangat, pemersatu untuk bersama berjuang melawan penjajah yaitu Sumpah Pemuda.

Dan pada pagi tadi, Jumat (28/10/22) pukul 08.00 wita, bertempat di lapangan apel Polres Ende telah berlangsung Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke - 49 Tahun 2022.dengan mengambil tema “Bersatu Bangun Bangsa” 

Pada pelaksanaan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolres Ende AKBP Andre Librian, S.I.K., Perwira Upacara Kabag Sumda Polres Ende AKP Amrin dan Komandan Upacara Ipda Adam Salman sedangkan Pembacaan Undang - Undang Dasar 1945 Kasubbag Progar Bagren Polres Ende Iptu Valerianus Vrede Pale, Pembacaan Kongres Pemuda Kanit Idik 1 Satreskrim Polres Ende Ipda Muh Ciputra Abidin, S.Tr.K.

Dalam sambutannya, Inspektur Upacara Kapolres Ende AKBP Andre Librian, S.I.K., membacakan sambutan dari Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Dr. H. Zainudin Amali  yang intinya bahwa Peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan. Sejarah telah menjelaskan bahwa, pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan. Peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan - pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia. Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa.

Memandang keberagaman sebagai anugerah yang berharga untuk dirangkai menjadi kekuatan yang luar biasa menggapai kejayaan Indonesia. Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa, Pembentukan ketangguhan bangsa melalui pembentukan karakter mulia dan pengembangan kompetensi dalam berbagai ranah keahlian dan dipadukan dengan senantiasa mengasah kreativitas dan inovasi adalah pekerjaan utama yang tidak boleh diabaikan oleh para pemuda Indonesia. Hanya bangsa yang tangguh yang mampu menjaga eksistensi bangsa dan memenangkan persaingan dalam kancah global yang semakin keras.

Terhadap situasi tersebut, maka upaya pemberdayaan dan pengembangan pemuda menjadi kreatif, inovatif, kolaboratif dan mandiri serta berkarakter mulia perlu dikembangkan, agar pemuda dapat menghadapi situasi yang tidak menguntungkan dan mampu mencapai prestasi tinggi.

Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini, bermula dari Titik Nol Ibu Kota Nusantara, kami mengajak seluruh elemen bangsa menghimpun kekuatan dan semangat untuk bergerak, mendorong pemuda Indonesia untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada demi membangun kejayaan sepanjang masa.

Kerja-kerja kolaboratif antar pihak perlu dikembangkan, karena upaya pembangunan pemuda tidak bisa dilakukan secara sendiri - sendiri atau parsial, Pembangunan kepemudaan membutuhkan orkestrasi yang sinkron dan harmoni.

" Marilah kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-49 ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita bersama membangun bangsa. Semoga Tuhan Yang Maha Esa, Allah Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan kekuatan kepada kita bersama untuk mampu membangun persatuan bangsa dan menggapai cita-cita kejayaan Indonesia"

Kegiatan upacara berakhir pukul 08.30 wita, situasi berjalan aman dan lancar. (HumasPolresEnde)