Cetus Program Polisi Desa, Anggota Wajib Belanja Persoalan di Desa Binaan : Ide Brilian Kapolres Ende 

Cetus Program Polisi Desa, Anggota Wajib Belanja Persoalan di Desa Binaan : Ide Brilian Kapolres Ende 

TribrataNewsEnde.Com - Luasnya Wilayah Kabupaten Ende dan Banyaknya Jumlah Desa sehingga Muncul Ide Brilian sang  Kapolres mencetuskan  Program Dengan nama Polisi Desa.

Kapolres Ende AKBP Andre Librian S.I.K., dalam wawancaranya dengan Wartawan di ruang kerjanya Kamis kemarin (27/10/2022) ketika ditanya terkait Ide program Polisi Desa menjelaskan, setelah serah terima jabatan Menjadi Kapolres Ende dirinya langsung  mencari tau berapa Jumlah Personil , Bhabinkamtibmas, luas wilayah, Jumlah Kecamatan dan Jumlah Desa.

Dari data yang diperoleh  jumlah Desa di Kabupaten Ende tidak sebanding dengan jumlah Anggota Bhabinkamtibmas di Kabupaten Ende yang hanya berjumlah 55 orang sehingga langsung terpikirkan untuk mencetus Program Polisi Desa.

“Sebenarnya Polisi Desa itu bentuk tindak lanjut dari program Kepolisian sendiri yaitu Penempatan Anggota satu Desa satu Polisi atau yang namanya Bhabinkamtibmas itu, tetapi karena Personil Bhabinkamtibmas kita kurang atau tidak sebanding dengan jumlah Desa maka saya cetus Program Polisi Desa” ungkap Kapolres Ende AKBP Andre Librian

Kalau kita mau tempatkan Bhabinkamtibmas satu Desa satu Anggota maka Polres Ende mengalami kekurangan personil hampir 200 orang.

Ide Polisi Desa dinilai cukup Efektif guna mendeteksi persoalan baik itu tindakan Kriminal maupun berkaitan dengan kebutuhan Jalan, Listrik atau apapun itu di sebuah Desa.

Lanjut AKBP Andre Librian dari Informasi yang diperoleh di Desa selanjutnya di bahas di Tingkat Polsek dan  Polres maka langkah selanjutnya adalah menyurati Instansi terkait misalnya Soal Listrik ya kami surati PLN bahwa di Desa A Masyarakat Butuh Listrik, Desa B butuh air, dan lain-lain.

“Saya Instilahkan Polisi Desa Wajib Belanja Persoalan Di Desa dimana di tempatkan karena dari sana Kita tau apa Persoalan dan Kebutuhan Masyarakat” tegas AKBP Andre Librian, S.I.K.

Sementara ini  semua Polisi Desa di wajibkan untuk datang ke masing-masing Desa Binaan Sebulan Sekali tetapi bagi Anggota yang lebih dari sekali mengunjungi Desa Binaan atau dengan kata lain Sering ke Desa maka kepada Anggota tersebut akan di berikan Penghargaan dan Reword ungkap AKBP Andre Librian.

Di Ende tantangan terberat cuma Jarak karena Desa banyak tetapi Jumlah penduduk sedikit sehingga kalau satu Desa Satu Polisi di yakini masih cukup mendeteksi Persoalan tetapi kalau di Pulau Jawa Penduduk sangat padat sehingga ketika menjabat sebagai Kapolsek pernah juga di terapkan Program Polisi RW.

Kedepan kalau ada penambahan Jumlah Personil  Bhabinkamtibmas maka  Polisi Desa itu menjadi cikal.bakal untuk.menjadi Anggota Bhabinkamtibmas terangnya.

Saat ini Program Polisi Desa berjalan baru 3 bulan tetapi dirasakan sangat efektif karena tingkat Kriminalitas menurun dan juga ada beberapa kebutuhan masyarakat yang Polres Ende sudah berkoordinasi dengan instansi terkait.(HumasPolresEnde)