Jurnalis Tribun Flores Albert Aquinaldo Raih Juara 1 Lomba Karya Jurnalistik Hari Bhayangkara ke-78

Jurnalis Tribun Flores Albert Aquinaldo Raih Juara 1 Lomba Karya Jurnalistik Hari Bhayangkara ke-78
Pose Wartawan Tribun Flores Albert meraih juara 1 lomba setapak perubahan Hari Bhayangkara ke-78

TribrataNewsEnde.Com - Albert Aquinaldo meraih juara 1 Lomba Setapak Perubahan Hari Bhayangkara ke-78, kategori artikel jurnalistik yang diikuti 89 jurnalis di seluruh Indonesia. 

Pemenang lomba yang diumumkan Selasa, 23 Juli 2024 melalui kanal youtube Divisi Humas Polri. Albert Aquinaldo yang kini bertugas di Kabupaten Ende, Provinsi NTT menulis karya jurnalistik berjudul "Polisi Rasyidi di Ende Ujung Tombak Polri: Jangan Takut Kritik Polri, Kami Ada Karena Masyarakat" yang tayang di portal berita Tribun Flores tanggal 11 Juni 2024 lalu.

Karya tersebut mengisahkan seorang anggota Bhabinkamtibmas di Desa Kurulimbu, Kecamatan Ndona, Kabupaten Ende sebagai salah satu ujung tombak Polri yang berada di garis paling depan yang tentu paling sering menerima kritikan pedas, masukan dan serta usul saran terhadap institusi Kepolisian Republik Indonesia (Polri) khususnya untuk jajaran Polsek Ndona Polres Ende Polda NTT.

Dalam Rilisnya yang di kirim di Humas Polres Ende, Albert mengatakan dirinya tidak menyangka bisa menjuarai ajang bergengsi tingkat nasional yang diadakan Polri tersebut.

"Saya tidak menyangka bisa keluar sebagai juara 1, tadi malam saya dikonfirmasi pihak panitia bahwa karya saya masuk nominasi. Tidak ada dalam benak saya, bisa keluar sebagai juara 1. Tadi pas pengumuman saya kaget, nama saya dibacakan juara 1," ujar Albert. 

Pada kesempatan itu, dia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran Redaksi Pos Kupang dan Tribun Flores, Aliansi Wartawan Sikka (AWAS), Jurnalis Ende Bersatu (JEB), Jurnalis Flores Lembata, Jurnalis Flobamorata, Kapolres Ende dan HumasPolres Ende, Kapolsek Ndona dan jajaran khususnya kepada Aipda Rasyidi Irfat Ibrahim yang kisahnya sangat menginspirasi serta semua pihak yang telah membantu Albert dalam penulisan artikel jurnalistik tersebut. 

Meski demikian Albert sempat kebingungan saat menulis, namun berhasil diselesaikan dengan baik.

“Kendala selama pengumpulan bahan untuk tulisan tidak ada, hanya saja saya agak kebingungan harus mulai dari mana. Puji Tuhan karya saya dapat selesai dengan baik dan meraih juara 1. Selama 7 tahun berkarir sebagai Jurnalis, ini karya pertama saya yang meraih juara 1,” ungkapnya. 

Menjadi jawara tak lantas membuat Albert berpuas diri. Albert juga berpesan kepada rekan-rekan jurnalis lainnya terutama yang berkarya di daerah agar tetap semangat, terus mencoba dan mengikuti berbagai lomba terutama di tingkat nasional.

Sementara itu Kepala Divisi Hukum Polri Irjen. Pol. Viktor Theodorus Sihombing, S.I.K., M.Si. selaku Ketua Seksi Olahraga Lomba Kreatif Hari Bhayangkara ke-78 dalam sambutannya mengatakan di usianya yang ke-78 Polri senantiasa untuk dekat dengan seluruh elemen masyarakat. 

"Oleh karena itu banyak berbagai lomba yang dilaksanakan dan juga kegiatan lainnya, ini merupakan bagian dari kegiatan kita dalam menyambut hari Bhayangkara ke-78," ujar Irjen. Pol. Viktor Theodorus Sihombing.

Dikatakan Irjen. Pol. Viktor Theodorus Sihombing, ada 2941 peserta dari kategori umum, wartawan dan TNI/Polri yang mengikuti Lomba Setapak Perubahan Hari Bhayangkara ke-78 dengan 10 kategori lomba. 

"Tentunya hasil-hasil karya ini sudah dilakukan oleh juri secara profesional di bidangnya, jadi tidak perlu kuatir, seluruh juri kita ini sudah kompeten dan profesional di bidangnya dan hasilnya saya yakin tidak perlu diragukan lagi," tandas Irjen. Pol. Viktor Theodorus Sihombing.

Juara 2 Lomba Setapak Perubahan Hari Bhayangkara ke-78 kategori artikel jurnalistik yakni Sigrianus Marutho Bere yang merupakan wartawan Kompas.com dan juara 3 yakni Miftahol, SE dari Bangkalan, Jawa Timur .(HumasPolresEnde)