Hadiri Simulasi Pemungutan Penghitungan dan Rakapitulasi Hasil Pemungutan Suara Pemilu 2024, Kapolres Ende: TNI-Polri Siap Mengamankan Proses Tahapan Pemilu

Hadiri Simulasi Pemungutan Penghitungan dan Rakapitulasi Hasil Pemungutan Suara Pemilu 2024, Kapolres Ende: TNI-Polri Siap Mengamankan Proses Tahapan Pemilu
Kapolres Ende AKBP I Gede Ngurah Joni M., S.H., S.I.K, M.H. saat memberikan sambutan di kegiatan simulasi pemungutan penghituangn suara di Kecamatan Ndona

TribrataNewsEnde.Com - Sebagai langkah persiapan dalam menghadapi puncak Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ende menggelar Simulasi Pemungutan, Penghitungan Suara dan Rekapitulasi hasil pemungutan suara di TPS dalam Pemilu Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Ende. Rabu (31/1/2024) Pukul 11.20 Wita.

Kegiatan yang di gelar di taman Firdaus Desa Nanganesa Kecamatan Ndona turut hadir Kapolres Ende AKBP I Gede Ngurah Joni M., S.H., S.I.K., M.H., Dandim 1602 Ende Letkol Kav I Nengah Pendi Ristanto, S.T, Ketua KPU Kabupaten Ende Adolorata Maria Da Lopez Bi, Kajari Ende yang diwakili oleh Kasi Intel, Kepala Stasiun RRI, Kaban Kesbangpol, Piminan Partai Politik, Bawaslu, PPK divisi teknik dari 21 Kecamatan yang ada di Kabupaten Ende, Ketua PPS se-Kabupaten Ende dan awak Media.

Ketua KPU Kabupaten Ende Adolorata Maria Da Lopez Bi menyampaikan bahwa tujuan simulasi yang dilakukan pada hari ini adalah untuk memastikan bahwa proses dan tata cara dalam pelaksanaan pemilu berjalan dengan baik dan benar, Simulasi ini merupakan contoh kegiatan yg  untuk Mendekati pada saat pemungutan suara nanti dan juga Berharap agar kegiatan hari ini dapat berjalan dgn aman dan lancar dan memohon para peserta agar bisa menyaksikan dengan seksama proses simulasi tersebut. ucapnya.

Sementara itu Kapolres Ende AKBP I Gede Ngurah Joni M.,S.H.,S.I.K,M.H. mengatakan Kepolisian sangat mendukung agar proses pemilu ini bisa berjalan aman dan lancar oleh karena itu segala sesuatu harus dikoordinasikan lebih awal. pihak Polres Ende juga sudah melakukan rapat koordinasi dengan pihak KPU dan instansi terkait lainnya, ada sebanyak 983 TPS yang tersebar di Kabupaten Ende oleh karena itu pihak Polres Ende sudah memetakan beberapa tempat yang tergolong dalam TPS sedang, TPS Rawan dan TPS Sangat Rawan. Ucap Kapolres Ende.

"Pada prinsipnya TNI-Polri siap mengamankan proses tahapan pemilu mulai dari pendaftaran, kampanye dan pemungutan suara serta pasca pemungutan suara, kami berkomitmen untuk menjaga netralitas dan kami sangat membutuhkan dukungan dari seluruh elemen masyarakat Kabupaten Ende untuk bersama mengawal dan menjaga situasi Kamtibmas tetap kondusif di seluruh rangkaian Pemilu 2024 ini". Ucap AKBP  I Gede Ngurah Joni M.,S.H.,S.I.K,M.H.

Sementara itu Sambutan Dandim 1602 Ende mengatakan Pemilu bukan hal yang mudah, sehingga melalui kegiatan simulasi ini dapat memberikan tata cara penggunaan hak pilih sehingga bisa mengatasi permasalahan yang terjadi pada saat pemungutan suara nanti.
Dandim 1602 Ende juga menyampaikan bahwa posisi TNI dan Polri dalam posisi netral. saya mengharapkan dan mengajak semua pihak agar pemilu kali ini  bisa berjalan dengan aman dan lancar serta hasil yang diperoleh pada saat pemilihan nanti agar bisa diterima. Ucap Dandim 1602 Ende Letkol Kav I Nengah Pendi Ristanto, S.T,.

Selesainya sambutan kegiatan langsung dilanjutkan dengan proses simulasi Pemungutan,Penghitungan Suara di tempat pemungutan Suara (TPS) dalam pemilihan umum tahun 2024 tingkat Kabupaten Ende.(HumasPolresEnde).