Hadir Dan Mediasi Pihak yang Bermasalah, Ini Himbauan Kapolsek

Hadir Dan Mediasi Pihak yang Bermasalah, Ini Himbauan Kapolsek

TribrataNewsEnde. Com - Kapolsek Pulau Ende IPDA Kamaludin bersama Bhabinkamtibmas Desa Rorurangga BRIPKA Zulkifli Muhardan hadir dan mediasi penyelesaian masalah keributan warga (antar tetangga) antara Saudara Sudirman Huri dengan Saudari Safifa, bertempat di Kantor Desa Puutara, Dusun Puutara II, Desa Puutara, Kec. Pulau Ende, Kab. Ende, Minggu (17/01/21) pukul 16.00 wita.

Dalam kegiatan mediasi tersebut dihadiri oleh Kades Puutara Mohamad Kasim, Tokoh Masyarakat Amir H. A. Kadir, Kepala Dusun Jainul H. Ismail, Ketua RW 01 Bpk. Mohamad Abubekar, Ketua RT 02 Abdul kadir Saora dan keluarga kedua belah pihak.

Permasalah tersebut terjadi pada hari Minggu tanggal10 Januari 2021, jam. 16.00 Wita,  dan dilakukan pertemuan/penyelesaian ditingkat Kepala Dusun namun kedua pihak masih mempertahankan argumennya masing-masing sehingga tidak ada titik temu atau belum ada kata sepakat dan akhirnya permasalahan tersebut diserahkan ke Kepala Desa Puutara untuk dimediasi dan penyelesaiannya.

Kepala Desa Puutara melakukan Koordinasi dengan pihak Polsek Pulau Ende terkait dengan permasalahan tersebut untuk bersama-sama dengan pihak Pemerintah Desa untuk melakukan mediasi agar bisa mendapatkan solusi untuk mencegah terjadinya Keributan antara kelompok/keluarga besar dari kedua belah pihak yang bermasalah.

Setelah dilakukan mediasi dari Pemerintah Desa Puutara dan Pihak Polsek Pulau Ende maka permasalahan Keributan antara kedua belah pihak tersebut yang dipicu oleh Perbatasan Perkarangan Rumah tinggal selanjutnya dapat dimediasi dan diselesaikan secara kekeluargaan/damai dan untuk mengikat kedua belah pihak yang bermasalah maka dibuatkan Surat Pernyataan Damai bermeterai, dan Peninjauan lokasi bermasalah untuk penentuan batas.

Pada kesempatan tersebut Kapolsek Pulau Ende IPDA Kamaludin, memberikan himbauan dan pesan-pesan Kamtibmas terkait Pembinaan Ketertiban Masyarakat (Bintibmas) dan Pembinaan Keamanan Swakarsa (Binkamsa) tentang pentingnya hidup rukun dan damai serta toleransi, dan persaudaraan.

"Kami akan selalu ada dan selalu hadir apabila warga membutuhkan kami. Itulah yang akan kami terus pertahankan apabila ada aduan dari masyarakat dan insya Allah personil saya pun siap semua jikalau di butuhkan”ungkapnya.

Tidak lupa, Kapolsek juga menghimbau warga agar taat terhadap Protokol Kesehatan yang dianjurkan oleh Pemerintah (3 M ; Mencuci tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak) serta tidak berkerumun. (Humas Polres Ende)