Cegah Virus Corona dan DBD Personil Polres Ende dan TNI Kerja Bhakti

Cegah Virus Corona dan DBD Personil Polres Ende dan TNI Kerja Bhakti

TribrataNewsEnde - Aparat gabungan Polres Ende dan personel TNI dari Kodim 1602 Ende menggelar operasi bersih lingkungan di beberapa fasilitas publik di Kota Ende, Sabtu (14/3/2020).

Kegiatan Kerja Bakti Terpadu dipimpin langsung Kapolres Ende AKBP Achmad Muzayin dan Komandan Kodim 1602 Ende Mochamad Fuad Suparlin dengan menyambangi Pasar Potulando, Bandara H. Aroebusman, dan beberapa fasilitas rumah ibadah.

Kegiatan kerja bakti terpadu tersebut dilakukan untuk mencegah adanya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan juga virus Covid-19 ( Corona).

Kapolres Ende AKBP Achmad Muzayin Sik mengatakan, kegiatan kerja bakti tersebut dilakukan menanggapi adanya Kejadian Luar Biasa tingkat Nasional yaitu Virus Covid- 19 ( Corona) dan Kejadian Luar Biasa Daerah yaitu adanya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Kami membersihkan selokan air, Membersihkan Kaca dan Juga Bangku dalam Gereja serta kemudian membersihkan sampah-sampah yang berserakan sekitar lokasi pasar dan Bandara.” Ungkap Kapolres.

Lebih lanjut di jelaskan penyakit DBD bisa timbul karena lingkungan yang kotor, genangan air dan sampah basah disekitar lingkungan sehingga sesuai dengan dengan Surat Telegram Kapolri Nomor : STR/121/III/PAM.3./2020 Tanggal 13 Maret 2020 tentang Deteksi Giat Kerja Bakti secara Masif berkaitan Wabah Virus Corona maka Personil Polres Ende dan TNI melakukan Kerja Bhakti.

Menurutnya, masyarakat perlu bersinergi untuk menciptakan kondisi lingkungan yang bersih. Selain fasilitas publik, masyarakat diharapkan memperhatikan kebersihan lingkungan rumah tangga terutama pada musim hujan.

“Mulailah berperilaku hidup bersih dari dalam lingkungan rumah tangga. Sehingga kita mampu melakukan upaya preventif sebelum penyakit itu datang,” tambah Kapolres.