Cegah TPPO di Wilayah Kabupaten Ende, Polres Ende Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral

Cegah TPPO di Wilayah Kabupaten Ende, Polres Ende Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral
Cegah TPPO di Wilayah Kabupaten Ende, Polres Ende Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral

tribratanewsende.com - Pada hari Selasa tanggal 13 Juni 2023 pukul 09.00 WITA, bertempat di Ruangan PPKO Polres Ende Jl. Pahlawan, Kel. Potulando, Kec. Ende Tengah, Kab. Ende, telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Guna Mencegah Terjadinya Tindak Pidana Perdagangan Orang ( TPPO ) di Wilayah Kabupaten Ende.

Kegiatan Rapat Koordinasi di Pimpin Oleh Waka Polres Ende Kompol Ahmad, S.H dan di hadiri Oleh Para Kabag, Kasat ,Kasi, Kapolsek Jajaran, Danpos TNI AL, Kapospol Bandara, Kapospol Pelabuhan Soekarno Ende,Kepala dinas Naketrans, Kepala Dinas Kesehatan, Para Camat SeKabupaten Ende, Kepala Cabang DLU, Perwakilan Avsec Bandara HJ. Hasan Aroebosman Ende, Perwakilan Maskapai Wings Air, perwakilan KSOP Ende,Kasi Garda Satpol PP Kab. Ende.

Kegiatan Rapat di Buka Oleh Waka Polres Ende dan di lanjutkan dengan Paparan oleh Kasat Reskrim terkait Hukum Tindak Pidana Perdagangan Orang, setelah paparan Oleh Kasat Reskrim dilanjutkan dengan sesi tanya Jawab :

- Kepala Dinas Naketrans menjelaskan Prosedur yang legal terkait Tindak Pidana Perdagangan Orang.

- Camat Lepembusu Kelisoke banyak Kekerasan dan Kejahatan yang terjadi, Pencegahan menjadi Fokus Utama ,Kita perlu Melakukan pencegahan Secara Preventif,aparat Pemerintah dan Penegak Hukum harus bersinegris,Perlu Adanya Pendataan dan Pengawasan sejak dini, agar Rapat Koordinasi ini dilakukan secara rutin.

- Sekcam Lio Timur menyampaikan Tanggal 16 Maret 2023 di Kec Lio Timur sudah Melakukan Sosialisasi tekait Tindak Pidana Perdagangan Orang dengan Pastor Paroki serta dari Kecamatan Lio Timur Mendukung Penuh untuk Mencegah Tindak Pidana Perdagangan Orang.

- Perwakilan KSOP Ende Kegiatan  Embarkasi di Pelabuhan Ende melalui Mobil ekspedisi, "kami dari pelabuhan akan memperketat Keluar masoknya Penumpang Yang mau berangkat Ke kota Surabaya".

- Camat Ndona Yulianus Laga Pasa "saya mengharapkan agar di akhir rapat adanya RKTL, Tim satgas mebuat Materi sesederhana mungkin sehingga sampai ke RT/ RW.
Kami dari Kecamatan dan Ndona dan Bapak Kapolsek Siap Mendukung".

- Camat Pulau Ende Ahmad Abdurrahman yang sering Kami Lakukan Di Kec. Pulau Ende adalah Kami turut Menandatangani Surat Perpindahan Penduduk agar tembusan Bisa Kepada Polres atau Polsek Terdekat agar meminimalisir terjadinya Tindak Pidana Perdagangan Orang.

- Kapolsek Wolowaru "banyak desa  menanyakan persyaratan untuk bekerja, informasi dari perangkat desa adanya pekerja yang berangkat ke Luar Negeri tanpa surat perpindahan penduduk, setelah sampai di Luar Negeri keluarga yang bersangkutan baru mengerus surat perpindahan penduduk di Kantor Desa".

Kegiatan rapat Koordinasi berakhir pukul 11.35 WITA berjalan aman dan lancar. (Humas Polres Ende)