Wakapolres Ende Pimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Lilin Turangga 2023

Wakapolres Ende Pimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Lilin Turangga 2023

tribratanewsende.com - Wakil Kepala Kepolisian Resor (Wakapolres) Ende, Kompol Ahmad, S.H memimpin kegiatan rapat lintas sektoral Operasi Lilin Turangga 2023 pada hari Kamis (21/12/2023) bertempat di ruang PPKO Polres Ende.

Turut hadir dalam kegiatan rapat lintas sektoral tersebut diantaranya Dandim 1602 Ende yang diwakili oleh Pasi Intel Kodim, Bupati Ende yang diwakili oleh Kepala Kesbangpol Kabupaten Ende, Dansubdenpom Ende, Danki C Senapan Ende, Danpos AL Ende, Danpos AU Ende, Dinas Perhubungan Kab. Ende, BMKG Ende, Kepala Pelindo Ende, Kejaksaan Negeri Ende, PJU Polres Ende, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta undangan / stakeholder terkait.

Dalam kesempatan tersebut, Wakapolres Ende menjelaskan terkait kesiapan Polres Ende dalam pelaksanaan pengamanan rangkaian perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang dibantu / di backup dari beberapa unsur seperti dari TNI, Brimob, Dishub, Pol PP, Senkom, serta stakeholder terkait.

"Saat ini kita sedang melaksanakan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Lilin Turangga 2023, dikandung maksud untuk mengecek sejauh mana kesiapan kita dalam mengamankan rangkaian perayaan hari raya Natal 2023 serta Tahun Baru 2024, oleh karenanya dibutuhkan koordinasi dan kerjasama kita semua dalam melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan dalam rangka pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, termasuk kehadiran personil dalam pegelaran personil di setiap titik yang sudah ditentukan seperti tempat ibadah, pusat perbelanjaan, Bandara, Pelabuhan, Bank, SPBU, dan lain sebagainya sesuai Rencana Operasi yang sudah kita siapkan." Jelas Kompol Ahmad

"Perhatikan semua Potensi / Kerawanan seperti : pemalakan, aniaya, konsumsi miras, kerumunan warga, konvoi / kebut-kebutan, kemacetan, dan lain sebagainya yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, perhatikan cara bertindak dilapangan, yang muara dari semua itu adalah terwujudnya situasi kamtibmas yang aman kondusif." Tambah Wakapolres Ende. 

Sebelum menutup kegiatan Rapat Lintas Sektoral, Wakapolres Ende mengingatkan terkait beberapa hal yang perlu mendapat perhatian bersama : 

1. Kepatuhan terhadap protokol kesehatan, mengingat adanya varian baru Covid-19

2. Identifikasi umat yang akan mengikuti ibadah untuk mencegah terjadinya penistaan agama

3. Perhatikan sistem kelistrikan pada lokasi ibadah untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan seperti hubungan arus pendek

4. Seminimal mungkin hindari terjadinya pemadaman listrik saat ibadah berlangsung.

(Humas Polres Ende)