Siap Amankan Pemilu, Polres Ende Melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Turangga 2023 - 2024

Siap Amankan Pemilu, Polres Ende Melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Turangga 2023 - 2024
Kapolres Ende selaku inspektur Upacara melakukan pemasangan Pita sebagai tanda dimulainya Operasi

TribrataNewsEnde.Com - Dalam rangka kesiapsiagaan dalam tahapan rangkaian pengamanan pemilu 2023-2024 Polres Ende melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Turangga 2023-2024 dengan tema"Polri Yang Presisi Siap Mengamankan Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2023-2024 Menuju Indonesia Maju" Rabu (17/10/2023) Pukul 07.45 Wita.

Apel gelar pasukan yang di laksanakan di Lapangan pancasila ini di hadiri oleh Kapolres Ende AKBP I Gede Ngurah Joni M., SH., S.I.K, M.H. selaku Inspektur upacara, Wakil Bupati Ende Erikos Emanuel Rede, Ketua DPRD Kab. Ende Fransiskus Taso, S.Sos, Dandim 1602/Ende Letkol Kav I Nengah Pendi Ristanto, S.T, Ketua KPU Kab. Ende Adolorata Maria Da Lopez Bi, Ketua Bawaslu Kab. Ende Dr. Natsir B. Kotten, M. Pd, Ketua Pengadilan Negeri Ende Herbert Harefa, S.H.M.H, Kepala Kejaksaan Negeri Ende Zulfahmi S.H, M.H, dan Undangan lainya.

Kapolres Ende Selaku inspektur upacara membacakan amanat dari bapak Kapolri mengatakan Apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarpras Operasi Mantap Brata 2023 - 2024, sehingga Pemilu 2024 diharapkan dapat terselenggara dengan aman dan lancar, Pemilu 2024 adalah pesta demokrasi terbesar yang akan menjadi bukti kematangan demokrasi Indonesia dan sekaligus menjadi titik penentuan masa depan bangsa. Hal ini sebagaimana penyampaian Presiden Joko Widodo bahwa, ”Tahun 2024 adalah momen politik yang sangat penting, karena kita menyelenggarakan pesta demokrasi terbesar dan secara serentak dalam tahun yang sama.Ini pekerjaan besar yang sangat menentukan masa depan bangsa kita, masa depan negara kita”. Ucapnya.

"Pemilu 2024 memiliki kompleksitas tersendiri karena dilaksanakan secara serentak dengan rentang waktu yang berdekatan, wilayah yang luas, geografis yang beragam, serta melibatkan jumlah pemilih yang besar oleh sebab itu guna mengamankan Pemilu 2024 maka Polri didukung TNI, dan instansi terkait dan mitra kamtibmas lainnya menggelar Operasi Mantap Brata Tahun 2023-2024 Operasi ini dilaksanakan selama 222 hari sejak 19 Oktober 2023 S/d 20 Oktober 2024 yang diikuti oleh 261.695 personel diseluruh Indonesia guna mengamankan seluruh tahapan pemilu".Ucap Kapolres Ende.

Apel gelar pasukan ini dalam rangka pemeriksaan akhir kesiapan personil, alat sarana dan prasarana yang digunakan Polri dalam mengankan pemilu 2024, Terkait tindak pidana pemilu lakukan koordinasi dan kolaborasi antar pilar Sentra Gakkumdu, agar penanganan pelanggaran serta penyelesaian tindak pidana pemilu dapat dilakukan secara profesional serta transparan, sehingga mendapatkan legitimasi dari masyarakat.tambah Kapolres Ende.

Pada kesempatan yang penuh semangat dan kebersamaan ini, terdapat penekanan untuk dipedomani serta dilaksanakan diantaranya:, 

- Laksanakan pengamanan dengan penuh rasa tanggung jawab, humanis dan profesional sesuai SOP dengan menerapkan buddy system guna menjamin keselamatan personel.
- Pimpinan disetiap tingkatan harus terjun langsung ke lapangan untuk melakukan pengawasan melekat kepada anggotanya masing - masing.
- Lakukan pengaturan jadwal pengamanan, sehingga kesehatan personel selalu dalam kondisi yang prima.Hal ini penting mengingat 
operasi yang kita laksanakan cukup panjang dan Pemilu 2024 dilakukan secara serentak.
- Kedepankan komunikasi publik dan upaya cooling system, agar masyarakat berpartisipasi penuh dalam mendukung penyelenggaraan Pemilu 2024 dan terhindar dari polarisasi.
- Tingkatkan sinergisitas dan soliditas antar seluruh personel pengamanan
maupun stakeholder terkait, karena hal tersebut adalah kunci utama keberhasilan operasi.

Setelah Apel Gelar Pasukan dilanjutkan dengan Simulasi Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam rangka Pengamanan Pemilihan Umum Tahun 2023 - 2024. (HumasPolresEnde).