Polres Ende Gelar Latihan Pra Operasi Bina Kusuma Ranakah 2021

Polres Ende Gelar Latihan Pra Operasi Bina Kusuma Ranakah 2021

TribrataNewsEnde.Com - Kepolisian Resor Ende menyelenggarakan latihan pra operasi “Bina Kusuma Ranakah 2021”  Melalui Bimtek Latihan Pra Operasi Kita Tingkatkan Profesionalisme Polri dalam Pemberantasan Aksi Premanisme, Kenakalan Remaja, Geng Motor, Jambret, Protitusi, guna memelihara Keamanan Dalam Negeri di Masa Covid-19. Kegiatan ini dilaksanakan di ruangan PPKO  Polres Ende, Selasa (15/6/2021) Pukul 09.00 Wita

Kegiatan Latihan Pra Operasi dibuka oleh Waka Polres Ende Kompol I Ketut Suka Abdi dan dihadiri oleh Kabagops Polres Ende, Kasatintelkam Polres Ende, Kasat Binmas Polres Ende, Kasipropam, Kaur Bin Ops Satintelkam, KBO Binmas serta personel Polres Ende yang tergabung Operasi Bina Kusuma Ranakah 2021.

Waka Polres Ende I Ketut Suka Abdi dalam pembukaannya mengatakan, latihan pra operasi dilaksanakan kesiapan, persamaan persepsi serta cara bertindak dalam operasi ini. Operasi Bina Kusuma Ranakah 2021 ini mengedepankan Profesionalisme Polri dalam Pemberantasan Aksi Premanisme, Kenakalan Remaja, Geng Motor, Jambret, Protitusi, guna memelihara Keamanan Dalam Negeri di Masa Covid-19 dalam rangka mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah Kabupaten Ende.

"Kasatgas agar melaksanakan operasi ini secara baik dan bertanggung jawab, guna menciptakan kondisi Kamtibmas yang kondusif sehingga masyarakat dapat merasakan kehidupan yang aman dan nyaman" Ucap Waka Polres Ende

Selesai pembukaan oleh Waka Polres Ende, kegiatan dilanjutkan pemaparan materi oleh Kabagops Polres Ende AKP I Wayan Oka Deswanta S.E, terkait dengan sasaran dalam Operasi Bina Kusuma Ranakah 2021 yang pada intinya pada seluruh peserta latihan bahwa, dalam operasi Bina Kusuma Ranakah 2021 telah dibentuk satuan tugas (Satgas) antara lain Satgas Deteksi Dini (Sat Intelkam), Sat Binmas, Sat Sabhara serta didukung satuan fungsi reskrim dan narkoba.

“Satgas yang ada ini pahami tugas pokoknya masing-masing dan setiap pergerakan anggota di lapangan harus selalu diberikan APP oleh Kasat Gasnya sehingga selama pelaksanaan operasi berjalan dengan aman dan tidak timbul gesekan dengan masyarakat,” katanya.

Masing-masing satgas harus paham betul sasaran dan cara bertindak di lapangan.

“Kita turun ke masyarakat lakukan deteksi dini, maping dan patroli terhadap lokasi-lokasi yang dianggap rawan. Kemudian juga tingkatkan penggalangan, imbauan atau penyuluhan sehingga tujuan daripada operasi dapat terlaksana dengan baik,” Pungkas KabagOps.

Kegiatan Latihan Pra Operasi Bina Kusuma Ranakah 2021 berakhir pada pukul 10.00 wita. (Humas Polres Ende)