Personil Polres Ende Melaksanakan Pengamanan Ritual Adat Taga kamba ( Bunuh Hewan Kerbau)

Personil Polres Ende Melaksanakan Pengamanan Ritual Adat Taga kamba ( Bunuh Hewan Kerbau)

TribrataNewsEnde - Bertempat di Museum Tenun Ikat, Jln. Soekarno, Kel. Kotaraja, Kec. Ende Utara, Kab. Ende, telah dilaksanakan Ritual Adat Taga
Kamba ( bunuh hewan kerbau) sebagai tanda pembukaan Rapat Kordinasi ketiga batu tungku yaitu tokoh adat, pemerintah dan tokoh agama sebagai satu kesatuan dalam menjalankan pembangunan di Kabupaten Ende,Senin ( 12/08/19) sore.

Ritual tersebut diawali prosesi para mosalaki (tokoh adat) dari 21 Kecamatan di Kabupaten Ende yang berasal dari Etnis Ende, Lio, dan Nage, serta para tokoh agama. Para mosalaki dan tokoh agama mengikuti prosesi tersebut menuju ke kompleks Museum Tenun Ikat.

Di depan pintu gerbang kompleks Museum Tenun Ikat, para mosalaki dan tokoh agama disambut dengan sapaan adat oleh salah seorang budayawan Ende, dilanjutkan dengan penyambutan resmi oleh wakil bupati Ende dan jajaran Forkopimda kabupaten Ende untuk selanjutnya melakukan prosesi Taga Kamba atau membunuh hewan karbau.

Kegiatan "Silaturahmi Tiga Batu Tungku (Pemerintah, Tokoh Adat dan Tokoh Agama) dan Rapat koordinasi 3 Batu Tungku " dalam rangka Sepekan Festival Danau Kelimutu tahun 2019, dengan tema "Melalui Rakor Pemerintahan dan Pemangku Adat Kita Lanjutkan Semangat Revolusi Mental Dalam Aktualisasi Adat Budaya" dan Sub temanya "Melalui Peran pemangku Adat kita Perkuat Adat Budaya Ende Lio - Nage Dalam Menghadapi Tantangan Era Globalisasi".

Kegiatan tersebut dipimpin langsung Plt. Bupati Ende Drs. H. Djafar H. Achmad, MM, dan dihadiri oleh Bapak Kapolres Ende AKBP Achmad Muzayin, SIK, Sekretaris Daerah Ende, SKPD Kab. Ende,Para Mosalaki,  Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Para Camat, Kepala Desa dan Lurah dalam wilayah Kab. Ende.

Kegiatan tersebut mendapatkan pengamanan terbuka maupun tertutup oleh personil Polres Ende sebanyak 17 personil dibawah pimpinan Pakor IPDA Antonius Sari Kewuta.