Pastikan Kondisi Aman, Kapolres Ende Dan Dandim 1602/Ende Pantau TPS Dalam Kota

Pastikan Kondisi Aman, Kapolres Ende Dan Dandim 1602/Ende Pantau TPS Dalam Kota
Pastikan Kondisi Aman, Kapolres Ende Dan Dandim 1602/Ende Pantau TPS Dalam Kota

tribratanewsende.com -Dalam rangka memastikan kondisi keamanan saat Pemilihan Umum, Kapolres Ende AKBP I Gede Ngurah Joni M bersama Dandim 1602 / Ende Letkol Kav I Nengah Pendi Ristanto melakukan pemantauan di sejumlah TPS yang ada di kota Ende (14/02/2024)

Kapolres bersama Dandim 1602/ Ende berkeliling kesejumlah TPS termasuk TPS 04 Pertokoan kelurahan Mbongawani kecamatan Ende Selatan. Saat ditemui di TPS 04, Kapolres Ende AKBP I Gede Ngurah Joni M mengatakan, bersama Dandim pihaknya melakukan monitoring kondisi keamanan TPS yang ada di beberapa titik di kota Ende.Dia menyebutkan, hingga saat ini pelaksanaan Pemilu dalam kondisi aman. Disebutkan, untuk melaksanakan pengamanan di 983 TPS pihaknya telah menggeser setidaknya 405 Polisi ditambah dengan BKO dari Polda NTT.

"Kita siagakan 1 TPS satu anggota jika TPS tersebut rawan, atau 1 anggota untuk 2 sampai 3 TPS yang berdekatan. Selain itu juga ada dua Linmas untuk satu TPS. Pihak Kepolisian dan TNI akan melakukan pengamanan diluar TPS dan tanpa masuk ke area TPS. Dan jika diminta oleh KPPS lanjut dia, Polisi dan TNI baru boleh masuk ke area TPS" ucap Kapolres Ende.

"Kita akan terus melakukan pengamanan hingga perhitungan suara dan pengamanan saat pergeseran surat suara ke PPK di Kecamatan " kata dia.

Kapolres Ende juga mengatakan dalam pengamanan tersebut juga dibantu oleh pihak Polsek dan Danramil.Terkait dengan TPS Rawan pihaknya belum mendapatkan informasi dan laporan dari anggota, namun dia memastikan dalam kondisi aman.

"Ada beberapa kategori TPS rawan, diantaranya sebelumnya terjadi Pemungutan Suara ulang, ada permasalahan tanah, lokasinya sangat jauh dan lainnya. Namun secara umum masih aman sesuai monitoring kami dari lapangan " pungkasnya.

Disaksikan di TPS 04 Pertokoan berjalan aman.TPS yang kebanyakan warga keturunan Tionghoa tersebut sangat antusias melakukan pencoblosan dalam Pemilihan Umum 2024 ini. Adapun jumlah DPT yang adavdi TPS 04 Pertokoan sebanyak 295 orang dengan rincian Laki- laki 149 dan Perempuan 146 orang. (Humas Polres Ende)