Menjelang Rapat Pleno KPU Besok, Ratusan Personel Gabungan TNI-Polri Menggelar Gladi Apel Persiapan Pengamanan Rapat Pleno Terbuka

Menjelang Rapat Pleno KPU Besok, Ratusan Personel Gabungan TNI-Polri Menggelar Gladi Apel Persiapan Pengamanan Rapat Pleno Terbuka

TribrataNewsEnde.Com - Bertempat di depan Halaman Hotel Flores Mandiri, Jl. Melati, Kelurahan Paupire Kecamatan Ende Tengah Kabupaten Ende telah dilaksanakan Gladi Apel Pasukan Dalam Rangka Persiapan Pengamanan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu Serentak Tahun 2024 Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ende. Senin (26/2/2024) Puul 10.00 Wita.

Apel gladi yang dipimpin oleh Wakapolres Ende Kompol Ahmad, S.H dan dihadiri sekitar 350 personil gabungan TNI/Polri beserta instansi terkait Lainya, turut hadir juga memantau kegiatan Kapolres Ende, Dandim 1602/Ende, Ketua KPUD Kabupaten Ende, Ketua Bawaslu Kabupaten Ende serta undangan lainya.

Apel dipimpin oleh Wakapolres Ende Kompol Ahmad, S.H. yang didampingi oleh PJU Polres Ende dan dihadiri antara oleh Pasiops Kodim 1602 Ende, Danki 3 Batalyon B Pelopor Ende dengan peserta apel sbb :
• 1. Regu Personel PM
• 1 Regu Personel Kodim 1602 Ende
• 1 Pleton Pasukan Kompi 3 Batalyon B Pelopor Ende
• 1 Pleton Pasukan Dalmas Polres Ende
• 1 Pleton Gabungan Staf Polres Ende 
• 1. Pleton Anggota Satpol PP Kabupaten Ende
• 1 Regu Pers Dishub Kabupaten Ende.

Dalam Amanatnya Wakapolres Ende mengatakan hari ini kita melaksanakan gladi apel pasukan dalam rangka persiapan pengamanan rapat pleno terbuka tingkat KPUD Ende yang akan dilaksanakan besok di aula hotel Flores mandiri, masing masing personil yang akan dibagi untuk melaksanakan pengamanan di tiap tiap titik. Ucap Wakapolres Ende.

"Kegiata gladi ini untuk mengetahui gambaran tugas dan tanggug jawab pada saat kita laksanakan pengamanan besok, Saya harapkan masing masig anggota bertanggung jawab dengan tugas yang diberikan, Apabila dalam pelaksanaan pengamanan ditemukan hal hal menonjol segera dilaporkan kepada pakor masing masing di tiap bagian untuk diambil tindakan selanjutnya". Ucapnya.

Untuk kita ketahui bersama bahwa informasi dari Ketua KPU Kab. Ende, Maria Adolarata Da Lopez Bi, S.Sos., bahwa Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu tahun 2024 Tingkat Kab. Ende akan berlangsung mulai tanggal 27 Februari s/d 5 Maret 2024 bertempat di Aula Hotel Flores Mandiri Ende dimana pada Rapat Pleno tersebut akan dilaksanakan pembacaan hasil rekapitulasi oleh 278 PPS pada 21 PPK di wilayah Kabupaten Ende dan diperkirakan akan membuka peluang terjadi interupsi oleh para saksi yang tidak puas dengan hasil Pemilu 2024.

Kegiatan ini merupakan amanat undang undang yang wajib dijalankan dengan penuh rasa tanggung jawab sehingga dapat terlaksana dalam keadaan aman terkendali dimana para personel wajib melaksanakan tugas sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan agar berlangsung dalam situasi yang kondusif. tambah Wakapolres Ende.

Setelah arahan oleh Wakapolres Ende kegiatan dilanjutkan dengan simulasi pengamanan sesuai dengan Surat Perintah yang telah diterbitkan dengan harapan para personel pengamanan mendapat gambaran umum situasi saat pelaksanaan Rapat Pleno sehingga dapat dengan mudah dalam mengambil tindakan jika terjadi peningkatan eskalasi. (HumasPolresEnde)