Kapolres Ende Tinjau Lokasi Kebakaran Plafon Gereja Syaloom Ende

Kapolres Ende Tinjau Lokasi Kebakaran Plafon Gereja Syaloom Ende

TribrataNewsEnde.Com - Kapolres Ende AKBP Albertus Andreana, S.I.K,. meninjau langsung lokasi kebakaran Plafon diatas mimbar khotbah ruang ibadah Gereja Syaloom Ende Jln. Pahlawan, Kel. Onekore, Kec. Ende Tengah, Kab. Ende, Kamis (24/12/20) pukul 11.00 wita.

Menurut informasi yang didapat bahwa pada saat umat kristen sedang melaksanakan misa kedua menjelang natal tepat pukul 11.00 wita yang dipimpin oleh pendeta Benyamin Huawe, STH, telah terjadi padam lampu sehingga para pengurus geraja (panitia penerangan) melakukan pengecekan terhadap penyebab terjadinya padam lampu dan melihat MCB dalam keadaan mati.

Saat itu juga pengurus geraja (panitia penerangan) langsung melakukan pengecekan disetiap instilasi listrik yang terpasang di geraja syalom terlihat dalam keadaan baik-baik saja sehingga pengurus geraja (panitia penerangan) kembali menghidupkan kembali MCB dan sesaat setalah MCB kembali dihudupkan, terlihat percikan api dari plafon bagian kiri yang berada tepat diatas mimbar khotbah sehingga menimbulkan kepanikan dari para umat yang sedang melaksanakan ibadah.

Untuk saat ini api sudah dipadamkan oleh Personel Polres Ende yang melaksanakan pengamanan bersama umat, namun untuk memastikan tidak adanya titik api lagi, mobil Damkar dibantu dengan mobil water Cannon melakukan penyiraman terhadap seluruh atap Gereja Syalom Ende", Ucap Kapolres Ende AKBP Albertus Andreana, S.I.K., saat tiba di lokasi kejadian yang  didampingi Kabag Ops AKP I Wayan Oka Deswanta, SE.

“Kami sudah lihat kondisi Gereja. Dari hasil penyelidikan kami, penyebab plafon Gereja terbakar karena terjadi kosleting kabel–kabel listrik di sekitar  plafon Gereja. Kami sudah lakukan langkah–langkah antisipatif terkait kejadian ini,” tambahnya.

Selain itu, Kapolres juga mengimbau kepada seluruh Jemaat maupun Gereja yang ada di Kabupaten Ende untuk mengecek kembali kabel–kabel yang ada di tempat ibadah. Kami mengimbau agar memperhatikan betul kesiapan penyelenggaraan ibadah dengan baik di tempat ibadahnya masing–masing,” imbaunya.

Tidak hanya itu Kapolres juga menghimbau kepada umat untuk selalu memperhatikan protokol kesehatan, jaga jarak, pakai masker dan rajin cuci tangan.

Sementara itu Pendeta Benyamin Huawe, STH, kebakaran plafon tersebut tidak mempengaruhi pelaksanaan kegiatan ibadah Misa menjelang natal umat Geraja Syalom yang sesuai rencana akan dilaksanakan kembali pada pukul 16.00 wita.

“Kebakaran Plafon diatas mimbar khotbah ruang ibadah Gereja Syalom memang di akibatkan oleh arus pendek listrik (Korsleting). (Humas Polres Ende)