Inspiratif, Kapolsek Ndona Olah Lahan Tidur Jadi Kebun Produktif

Inspiratif, Kapolsek Ndona Olah Lahan Tidur Jadi Kebun Produktif
Kapolsek Ndona Iptu I Gede Wisna, S.H Bersama anggota saat panen hasil kebun Produktif

TribrataNewsEnde.Com - Kapolsek Ndona Inspektur Polisi Satu I Gede Wisna,S.H bersama anggotanya berhasil mengubah lahan tidur di Desa Nanganesa, Kecamatan Ndona,kabupaten Ende menjadi kebun produktif. Minggu (26/5/2024). Pukul 09.00 Wita

Kapolsek Ndona Iptu Gede Wisna, S.H mengatakan Inisiatif ini dimulai sejak Januari 2023 dengan program penanaman jagung, meski luas lahan tidak mencapai target awal, namun sebagai motivasi bagi masyarakat sekitar, kegiatan gerakan menanam yang jalankan oleh Kapolsek Ndona dapat memberi nilai tambah ekonomi masyarakat. Ucapnya.

“Kami mengelolah lahan warga yang sebelumnya digunakan sebagai lapangan sepak bola dan tempat mengikat sapi. Dengan dukungan dari Dinas Pertanian Kabupaten Ende dan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Ndona, lahan ini diolah menggunakan traktor yang dipinjamkan”. Ucapnya.

Penanaman dimulai dengan jagung hibrida, kemudian kacang panjang dan mentimun. Saat ini, kebun tersebut ditanami sekitar 1.500 pohon tomat di atas lahan seluas 650 meter persegi. pemupukan, dan pemberian pestisida dilakukan secara berkala untuk memastikan pertumbuhan tanaman yang optimal. tambahnya.

“Untuk Merawat tanaman ini dilakukan oleh Anggota Polsek Ndona bersama warga mengolah kebun ini secara bergantian saat tidak bertugas, pada sore hari dan hari libur. Selain sebagai kegiatan pengisi waktu luang, ini juga menjadi sarana belajar bercocok tanam". Kata Kepala Polsek Ndona.

Program ini bertujuan untuk memotivasi masyarakat agar memanfaatkan lahan tidak produktif atau pekarangan kosong dengan menanam sayuran. Dengan kondisi tanah yang subur, diharapkan masyarakat dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi melalui pertanian.

“Kami ingin menunjukkan bahwa lahan yang tidak digunakan bisa menjadi sumber penghasilan. Kami berharap masyarakat lain terinspirasi untuk melakukan hal yang sama,” tambah Iptu I Gede Wisna, S.H. (HumasPolresEnde)