Apel Jam Pimpinan, Wakapolres Ende Tekankan Keikhlasan Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat

Apel Jam Pimpinan, Wakapolres Ende Tekankan Keikhlasan Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat
Apel Jam Pimpinan, Wakapolres Ende Tekankan Keikhlasan Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat

tribratanewsende.com - "Atas nama pimpinan Polres Ende, kami ucapkan terima kasih kepada seluruh anggota Polres Ende, atas pelaksanaan tugas yang baik selama satu minggu yang lalu sehingga situasi kamtibmas di Kabupaten Ende tetap berjalan dengan aman dan kondusif", demikian kata Wakapolres Ende  Komisaris Polisi Ahmad, S.H, dalam kesempatan apel jam pimpinan di lapangan apel Polres Ende , Senin (22/5/2023).

Lanjutnya, dalam menjalankan tugas harus dengan komitmen yang tulus dan ikhlas untuk tertib serta disiplin, baik waktu maupun aturan. Apabila melanggar maka ada konsekuensi yang harus diterima dan wajib dijalankan. "Laksanakan tugas sesuai tugas pokok dengan benar dan tidak melakukan pelanggaran, karena yang benar akan diapresiasi dan yang salah akan mendapatkan hukuman", tegas Wakapolres Ende.

Kompol Ahmad menambahkan, personel yang sudah ditempatkan pada plotingan, maka jangan hanya sekedar duduk, berkumpul atau main hp, namun harus melakukan sesuatu, seperti melakukan pengamanan, pengaturan dan penertiban lalu lintas serta bentuk pelayanan lainnya kepada masyarakat. "Kita belum bisa dikatakan bekerja kalau hanya sekedar duduk / berkumpul, namun harus berikan pelayanan kepada masyarakat secara aktif dan konkrit dengan lakukan pelayanan langsung, seperti berikan himbauan kepada pengendara kendaraan  bermotor tentang tertib lalu lintas, dan lakukan pengaturan lalu lintas apabila dilihat adanya kemacetan atau peneguran hingga penindakan jika ada pelanggaran kasat mata", jelasnya.

Wakapolres juga mengingatkan tentang slogan Polri yang diusung oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, yaitu Presisi, merupakan akronim dari Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan. Prediktif disini adalah pentingnya setiap personel Polri khususnya Polres Ende, memiliki kemampuan pendekatan melalui upaya meningkatkan daya cegah dan tangkal terhadap gangguan kamtibmas, dengan analisa sesuai pengetahuan, data dan metode yang tepat. Sedangkan kata responsibilitas dan transparansi berkeadilan, yang menyertai pendekatan pemolisian prediktif ditekankan agar setiap personel mampu merespon keluhan masyarakat dan tugas lainnya secara cepat dan tepat, responsif, humanis serta transparan. Harapannya, konsep Presisi tidak hanya sekadar menjadi jargon namun benar-benar diterapkan dalam bertugas setiap hari.

Setiap pelaksanaan apel hari Senin merupakan jam pimpinan, sehingga diwajibkan kepada seluruh personel yang tidak sedang melaksanakan tugas agar hadir pada waktu apel pagi tersebut, ujar Wakapolres.

Semangat melayani yang dibangun Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum, harus terus kita laksanakan dan bukan hanya sebuah retorika saja. "Rajinlah melayani dan berbuat baik kepada sesama karena doa mereka adalah pahala terbesar bagi kita", pungkasnya.

Hadir dalam kesempatan apel tersebut, yakni  para Kepala Bagian, Kepala Satuan, Kepala Seksi dan seluruh anggota dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Polres Ende. (Humas Polres Ende)