Respon Cepat Polres Ende Dalam Membantu Warga Terdampak Abrasi

Respon Cepat Polres Ende Dalam Membantu Warga Terdampak Abrasi
Respon Cepat Polres Ende Dalam Membantu Warga Terdampak Abrasi
Respon Cepat Polres Ende Dalam Membantu Warga Terdampak Abrasi
Respon Cepat Polres Ende Dalam Membantu Warga Terdampak Abrasi

Tribratanewsende.com – Polres Ende bergerak cepat dalam merespon bencana alam abrasi yang melanda pesisir pantai di Kecamatan Ende Selatan dan Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende. Kapolres Ende, AKBP I Gede Ngurah Joni M, S.H, S.I.K, M.H, segera memerintahkan anggotanya untuk melakukan tindakan cepat setelah gelombang pasang yang terjadi pada Jumat, 18 Oktober 2024, pukul 08.00 WITA, menyebabkan kerusakan di beberapa wilayah pesisir.

Dampak Kerusakan abrasi yang disebabkan oleh gelombang pasang ini telah mengakibatkan kerusakan infrastruktur penting serta rumah warga, diantaranya :

- SPBU Nelayan Paupanda, Kecamatan Ende Selatan :

Kantor SPBU roboh

Pagar dan lantai SBPU roboh

Jalan penghubung ke Dermaga Perikanan jebol

Kerugian diperkirakan mencapai 1 miliar rupiah, dan pelayanan BBM di SPBU tersebut untuk sementara tidak dapat dilakukan.

- Tempat Pelelangan Ikan :

Lantai bangunan jebol akibat tergerus air.

- Kerusakan Rumah Warga :

Kelurahan Paupanda, Kecamatan Ende Selatan : 33 rumah mengalami kerusakan ringan akibat genangan air dan material pasir, serta 4 rumah mengalami kerusakan berat.

Kelurahan Rukun Lima, Kecamatan Ende Selatan : 7 rumah rusak ringan akibat air laut yang membawa pasir dan batu.

Kelurahan Kota Ratu, Kecamatan Ende Utara : 3 rumah rusak ringan, 5 rumah rusak sedang, dan 2 rumah rusak berat.

"Sebagai upaya tanggap bencana, personel Polres Ende langsung turun ke lapangan dengan memberikan bantuan berupa karung kepada warga terdampak untuk diisi pasir sebagai penahan sementara gelombang air laut, kemudian membantu warga membangun tanggul sementara dari pasir yang diisi dalam karung serta memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap perkembangan cuaca dan menjauh dari lokasi rawan bencana" Jelas AKBP Ngurah Joni.

"Disamping bantuan tersebut diatas, Tim Konselor Polres Ende yang dipimpin oleh Kabag SDM AKP Amrin juga memberikan bantuan konseling kepada warga yang terdampak abrasi, hal ini untuk menjaga mental dan psikologis warga terdampak tetap dalam kondisi bagus / stabil" Kapolres Ende menambahkan

Dengan masih adanya potensi cuaca buruk, masyarakat diimbau untuk tetap waspada. Selain itu, warga juga mengharapkan Pemerintah Kabupaten Ende segera memberikan bantuan sosial bagi warga terdampak serta memperkuat koordinasi dalam upaya mitigasi bencana di wilayah pesisir.

Situasi terkini akan terus dimonitor dan dilaporkan oleh pihak Polres Ende demi keamanan dan keselamatan warga. (Humas Polres Ende)