Respon Cepat Kapolsek Ende Mediasi Permasalahan Antar Mosalaki di Watusipi

Respon Cepat Kapolsek Ende Mediasi Permasalahan Antar Mosalaki di Watusipi
Kapolsek Ende Iptu Sudarmin didampingi Pemerintah Kecamatan dan Babinsa bersama sama mediasi masalah mis komunikasi antar Mosalaki di Desa Watusipi.

TribrataNewsEnde.Com - Agar permasalahan ini tidak berbuntut panjang, Kapolsek Ende Iptu Sudarmin merespon cepat dengan melakukan media permasalahan adanya larangan dan keberatan dari mosalaki watusipi Agustinus Ora Cs, untuk pembangunan tenda untuk pengukuhan juru bicara mosalaki Watusipi. Kamis (3/8/20123) Pukul 10.00 Wita.

Kegiatan mediasi antar mosalaki yang dilaksanakan diantor Desa Watusipi Kecamatan Ende Utara Kabupaten Ende ini dihadiri oleh Kapolsek Ende Iptu Sudarmin, Sekcam Ende Utara Syamsul Bachari Swety, Kepala Desa Watusipi Hieronimus Hado, Mosalaki Watusipi Husen Da, Mosalaki Agustinus Ora, Hermanus Hamid dan Barbara Siti / Du'e, Anggota Bhabinkamtibmas Watusipi dan Bhabinsa Watusipi.

Dalam pertemuan tersebut Mosalaki Agustinus Ora Cs menyampaikan bahwa adanya Larangan tersebut dikarenakan Mosalaki Watusipi an. Husen Da tidak menyampaikan kepadanya sebagai persekutuan Adat Watusipi terkait rencana pengukuhan Juru bicara Mosalaki Watusipi dan secara Adat mengakui bahwa Bapak Husen Da sebagai Mosalaki Puu Desa Watusipi. 

Atas penyampaian tersebut baik Mosalaki Puu Watusipi dan Persekutuan Mosalaki Watusipi, bersepakat bahwa persoalan dalam persekutuan adat Watusipi dinyatakan selesai dan terjadi kurang adanya komunikasi dalam persekutuan Adat dan Untuk pembangunan tenda dalam acara pengukuhan jubir Mosalaki Watusipi tetap dilaksanakan hari ini serta Prosesi pengukuhan jubir Mosalaki Watusipi an. Ignasius Rhewa tetap dilaksanakan pada hari Jum'at tanggal 4 Agustus 2023 dan sudah merupakan keputusan Mosalaki Puu Watusipi an. Husen Da.

Kapolsek Ende Iptu Sudarmin dalam Relessenya mengatakan bahwa kehadiran Polri ditengah masyarakat untuk mengajak warga agar bersama-sama menjaga keamanan lingkungan tempat tinggal, dan bilamana terjadi gangguan kamtimbas, kiranya dapat menghubungi aparat keamanan dan pemerintah setempat untuk ditindaklanjut jangan main hakim sendiri yang akan berakibat Hukum. Ucapnya.

"Saya Kapolsek Ende mengajak juga menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat di Desa Watusipi untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan, Serta apabila terjadi beberapa persoalan kiranya dapat menghubungi aparat keamanan dan pemerintah setempat untuk dilakukan tindak lanjut". Pinta Kapolsek Ende.

Kegiatan mediasi berakhir pada pukul 11.45 wita serta berjalan aman dan lancar.(HumasPolresEnde)