Jumat Curhat di Kelurahan Paupanda, Waka Polres Ende Dengar Saran dan Permintaan Masyarakat

Jumat Curhat di Kelurahan Paupanda, Waka Polres Ende Dengar Saran dan Permintaan Masyarakat
Waka Polres Ende Kompol Ahmad, S.H Saat mendengar saran dari masyarakat Paupanda pada kegiatan Jumat Curhat

TribrataNewsEnde.com - Polres Ende untuk kesekian kalinya menggelar kegiatan Jumat Curhat Kapolres Ende mendengar yang bertempat di pelataran Masjid Habullah Paupanda, Kelurahan Paupanda Kecamatan Ende Selatan Kabupaten Ende. Jumat (31/3/2023) Pukul 08.45 Wita.

Kegiatan dihadiri oleh Waka Polres Ende Kompol Ahmad, SH, Kabag Ops, Para Kasat, Kapolsek Ende, kasi Propam, Ka SPKT,  Para Kaur Bin Opsonal Polres Ende, Imam Masjid Jami Habullah Patas, Ketua Taqmir Masjid Jami Habullah Patas, Para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Para Warga Lingkungan Paupanda Atas.

kegiatan dibuka dengan sambutan Ketua Takmir Masjid Hablullah Paupabda Bapak Yusuf Umar yang mengatakan ucapan terimakasih dan Apresiasi yang tinggi atas kegiatan ini atas kehadiran bapak Wakapolres Ende bersama anggota dengan kegiatan silaturahmi ini, kami bisa berkomunikasi atau berdialog langsung dengan pimpinan kepolisian di Kabupaten Ende.Ucapnya.

Setelah pembukaan oleh ketua takmir Masjid dilanjutkan dengan penyampaian dari Waka Polres Ende tentang maksud dan tujuan kegiatan jumat curhat ini semata-mata untuk bersilaturahmi lebih dekatkan diri kami Polri kepada masyarakat, dan masyarakat bisa curhat di kami tentang gangguan kamtibmas silakan di sampaikan, kita dekatkan diri kepada masyarakat, kita akan dengar langsung kritik dan pendapat bapak-bapak mereka tentang pelayanan kepolisian khusus di Polres Ende. Ucapnya.

"Kegiatan ini juga merupakan program dari Bapak Kapolri dalam rangka meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri dengan cara turun langsung di tengah-tengah masyarakat untuk mendengarkan langsung yang terjadi antara Polri dengan masyarakat dan untuk memperbaiki hubungan dengan masyarakat  sebagai salah satu bentuk upaya Polres Ende memberikan solusi atau jalan keluar bagi masyarakat yang membutuhkan kehadiran serta pelayanan Kepolisian". Ucapnya.

#Adapun beberapa Saran/Keluhan yang disampaikan oleh Masyarakat Kelurahan Paupanda atas diantaranya : 
 (1). Muhammad ibrahim Balingga, tokoh agama Paupanda atas.

- Mengapresiasi Kegiatan Jumat Curhat ini oleh Polres Ende karena baru pertama kami rasakan kegiatan ini.

- Tentang penerapan Hukum,   apakah bisa di sosialisasikan kepada kami masyarakat awam tentang hukuman kalau kita tidak mengahargai Polisi. Karena banyak saya lihat di TV banyak Polisi kena sasaran amukan warga.Hukuman apa yang di terapkan di pelaku ?
(2). Hasan Nur Rahman, tokoh masyarakat Paupanda atas

-  Menyangkut maraknya penjualan daging babi, contoh di jalan Patimura, tolong di tegur karena didepan situ ada rumah warga beragama islam dan ada kantor pengajian agama islam, tolong ditegur pak.

-  Menyangkut mobil SIM keliling, tolong masuk di wilayah kami, karena banyak anak-anak ojek di paupanda nih tidak memiliki SIM.
(3). Ibu Hajnah, Tokoh wanita Paupanda atas

-  Menanyakan, tentang adanya pungutan liar dipasar, saya pernah di minta uang di pasar, tolong ditertibkan. Takutnya kita tidak kasi dia mengamuk pak.

-  fenomenan anak muda, pacaran beda agama trus hamil apakah ada sistim pelanggaran Hukum tentang pacaran beda agama ini pak.
 (4). Tafsir Rendo, tokoh masyarakat Paupanda atas

-  tentang keamanan dan nyaman dipasar, tentang adanya Kupon putih.

- ugal ugalan, masih adanya motor Racing yg menggangu keamanan di masyarakat. Tolong di tertibkan pak.

- menyangkut banyak anak-anak muda ingin jadi Polisi, tetapi kami tidak punya kenalan, tolong solusi untuk kami pak, Kami tidak punya biaya untuk itu.
(5).  Kusman Abbas, tokoh Masyarakat Paupanda atas

-  Saya mau menanyakan adalah saya nih pak ada penyakit lambung, dalam berkendaraan bermotor saya kalau pake Helm saya oleng kalau tidak pake Helm aman.  

(6). Yusuf Umar, tokoh agama Paupanda atas

-  tolong di tempatkan petugas keamanan saat kami melaksanakan Sholat taraweh di Masjid Hablullah Paupanda.

Atas informasi dan harapan Masyrakat Waka Polres Ende memberikan jawaban sebagai berikut :
- Masyarakat yang melawan petugas pada saat menjalankan tugas semua ada pasalnya dan akan dilakukan proses sesuai hukum yang berlaku serta akan dilakukan sosialisasi dan dishare di Media Sosial.

- Pihak Polres Ende akan berkoordinasi dengan Pemda Kab. Ende untuk melihat kembali perda terkait dengan penjualan daging babi.

- Untuk Mobil SIM keliling saat ini salah satu alatnya ada kerusakan sehingga belum bisa dilakukannya pelayanan SIM Keliling apa bila sudah selesai perbaikan akan dishare oleh Humas Polres Ende.

- Terkait dengan adanya pungutan liar akan dilakukan penyelidikan oleh Satintelkam dan Satreskrim Polres Ende.

- Apa bila melihat adanya perjudian Kupon putih segera menghubungi no Hp yang telah dibagikan yang akan langsung terhubung dengan Bapak Polres Ende dan akan segera dilakukan penindakan oleh Personel Polres Ende.

- Pihak Polres Ende telah membentuk Tim gabungan untuk merazia Knalpot Recing dan melakukan patroli.

- Untuk penerimaan seleksi calon anggota Polri tidak dipungut biaya atau gratis dan akan dilakukan sosialisasi oleh pihak Polres Ende.

- Menggunakan helm merupakan aturan bagi sipengendara  dalam berlalu lintas dan helm merupakan pelindung kepala apa bila ada yang melanggar akan dilakukan penindakan tegas oleh anggota Polri.

- Agar Kabag Ops Polres Ende membuatkan sprin pengamanan ibadah sholat tarawih di Masjid Jami Habullah Patas.

- Ada pasal 531 KUHP, apa bila tidak dapat diselesaikan segera melaporkan kejadian tersebut di Bhabinkamtibmas setempat atau melaporkan kejadian tersebut di Polsek atau di Polres.

Kegiatan ditutup dengan foto bersama serta berakhir pukul 11.00 wita, situasi berjalan aman dan lancar. (HumasPolresEnde)