Dir Tahti Polda NTT Berkunjung ke Polres Ende Dalam Rangka Supervisi

Dir Tahti Polda NTT Berkunjung ke Polres Ende Dalam Rangka Supervisi

TribrataNewsEnde.Com - Dalam rangka melaksanakan assesmen tata kelola pengamanan perawatan tahanan dan barang bukti serta penyeragaman administrasi, Dir Tahti Polda Nusa Tenggara Timur laksanakan kunjungan atau Supervisi Ke Polres Ende. Kamis (7/4/2022) Pukul 09.00 Wita.

Kunjungan supervisi yang di laksanakan oleh Dir Tahti Polda NTT ke Polres Ende di pimpin oleh Wadir Tahti Kompol Sukanda bersama AKP Jony Simon Kasubid barang bukti dan Brigpol Litha Manuain Admin Direktorat Tahti, sesampainya di Mapolres Ende tim supervisi disambut oleh Kapolres Ende  AKBP Andre Librian, S.I.K., yang diwakili oleh Waka Polres Ende Kompol I Ketut Suka Abdi kemudian tim langsung melaksanakan Supervisi terkait tahanan dan barang bukti.

Adapun yang menjadi sasaran tim Supervisi adalah tentang asistensi penyeragaman administrasi dan barang bukti, tim melakukan pemeriksaan Mengecek Administrasi di
ruang Sat Tahti antara lain buku mutasi piket jaga tahanan, buku register tahanan, buku register Barang bukti, buku jenguk tahanan dan papan data tahanan.

Wadir Tahti Polda NTT  Kompol Sukanda mengatakan dalam arahanya di ruangan PPKO Polres Ende yang di ikuti oleh Kasat Tahti bersama tiga orang anggota tahti, Sat Lantas Polres Ende diwakili oleh Kanit Laka  Aipda Alwin Aya, Sat Reskrim yang diwakili oleh Kaur Mintu Reskrim Aipda Efra Efrata dan Sat Narkoba di wakili oleh Bripka Edi Saputra,SH tentang SOP jaga tahanan dan MoU dengan kejaksaan tentang penitipan tahanan, SOP makan dan harwat tahanan,SOP penitipan Barang Bukti, SOP Pembuatan laporan, Koordinasi dengan fungsi terkait yang berkaitan dengan SP han dan SP.han titip tahanan,dan perhatikan jangka waktu penahanan.

“Saya sampaikan bahwa dalam pengawasan tahanan maupun barang bukti harus berpedoman pada Standar Operasional Prosesur (SOP) yang ada. Sehingga tidak terjadi kesalahan yang dapat berakibat fatal,” Ucap Wadir Tahti Polda NTT.

Pihaknya juga mengingatklan kepada petugas jaga jangan sampai lengah, terapkan prosedur dan selalu waspada supaya jangan sampai ada celah tahanan bisa kabur. Selain tahanan, lokasi nyimpanan barang bukti juga harus diperhatikan agar barang bukti tetap aman dan tidak mudah hilang.,tambah Wadir Tahti Kompol Sukanda. (HumasPolresEnde)