Ciptakan Pilkada Damai, Kapolsek Wolowaru Sambang dan Silaturahmi dengan Tokoh Adat Mosalaki Pu'u Embu Leko

Ciptakan Pilkada Damai, Kapolsek Wolowaru Sambang dan Silaturahmi dengan Tokoh Adat Mosalaki Pu'u Embu Leko
Kapolsek Wolowaru Ipda Ubaldus Maku, S.Sos saat sambang dan Silaturahmi dengan tokoh adat bapak Fransiskus So.

TribrataNewsEnde.Com - Untuk menciptakan situasi yang aman dan damai jelang Pilkada serentak 2024, melalui Nusantara Cooling Systim (NCS) Kapolsek Wolowaru Ipda Ubaldus Maku, S.Sos melakukan sambang dan bersilaturahmi dengan tokoh Adat Mosalaki Pu'u Embu Leko Bapak Fransiskus So. Jumat (9/8/2024) Pukul 10.00 Wita.

Kehadiran Kapolsek Wolowaru disambut hangat selanjutnya berbincang santai dengan suasana keakraban. Kapolsek Wolowaru diawal silaturahmi menyampaikan ucapan terimakasih sudah diterima dan berharap jalinan silaturahmi dan dukungan Mosalaki terhadap situasi kamtibmas di Desa Tenda khususnya dan Kecamatan Wolojita umumnya tetap terjaga.

Dalam sambangnya Ipda Ubaldus Maku, S.Sos mengajak bapak Mosalaki Pu'u Embu Leko Bapak Fransiskus So selaku tokoh adat bersama sama menjaga kondusifitas lingkungan menjelang Pilkada serentak di tahun 2024 ini dan berharap sebagai warga masyarakat dan tokoh Adat bisa meredam isu isu politik yang mengarah ke perpecahan antara Agama Suku dan Ras antar golongan dan tidak terhasut dengan ujaran kebencian yang ditebarkan dengan pihak pihak yang tidak bertanggung jawab. Ucap Kapolsek Wolowaru.

"Saya berharap peran penuh Mosalaki dalam menyelesaikan permasalahan dan tidak menimbulkan konflik di masyarakat (Fai Walu Ana Kalo) / Rakyat Jelata, Mosalaki sebagai ketua lembaga adat, sangat dipercaya masyarakat dalam menyelesaikan berbagai macam konflik yang terjadi secara khusus kaitannya dengan permasalahan Adat/Nggua yang sejak tahun 2004 sampai saat ini belum terselesaikan. Kapolsek tetap mendorong semua pihak untuk duduk bersama yang melibatkan para pemangku kepentingan untuk sama sama berperan dan mengembalikan marwah adat demi keberlangsungan hidup di Desa Tenda". Ujarnya.

Bahwa dalam waktu dekat masyarakat akan dihadapkan pada Pilkada dimana riak-riak dari Tim sukses maupun bakal calon sudah mulai terasa, Kapolsek mengajak untuk Bapak Mosalaki Pu'u benar benar menghimbau Aji, Ana, Fai Walu Ana Kalo untuk mensukseskan Pilkada Kabupaten Ende. Mari kita pererat silaturahmi dan masyarakat harus diberikan pendidikan politik yang seimbang dan cerdas, Pilkada jangan dijadikan ajang untuk memecah belah apalagi yang berujung pada nuansa SARA. berbeda pilihan itu adalah indah. Sehingga kehadiran Kapolsek pada kesempatan ini juga sekaligus sebagai upaya menjaga dan mencegah potensi gangguan kamtibmas dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat sehingga kamtibmas terjaga dan terkendali.

Sementara itu Bapak Fransiskus So selaku tokoh Adat pada kesempatan yang sama mengapresiasi langkah dan upaya Polri dimana secara umum situasi kamtibmas di Desa Tenda sampai saat ini berjalan aman dan kondusif. Ini semua karena Polri Polsek Wolowaru mampu menjalankan tugasnya dengan baik. saya selaku Mosalki Pu'u  juga mendorong agar semua pihak untuk menahan diri dan menyerahkan proses penyelesaian melalui musyawarah adat yang melibatkan beberapa Suku/Embu. Imbuhnya. (HumasPolresEnde)