Cegah Kekerasan Terhadap Anak Usia Dini, BhabinKamtibmas Roworena Lakukan Sosialisasi di Sekolah

Cegah Kekerasan Terhadap Anak Usia Dini, BhabinKamtibmas Roworena Lakukan Sosialisasi di Sekolah

TribrataNewsEnde.Com - Dalam rangka mencegah dan mengatasi berbagai macam permasalahan Kamtibmas terutama yang terjadi kepada pelajar baik dilingkungan sekolah maupun diluar lingkungan sekolah, Bhabinkamtibmas Kelurahan Roworena Aipda Yahya Tonu weni, S.Sos  melaksanakan sosialisasi tentang Kamtibmas dan Bahaya kekerasan terhadap anak usia dini. Sabtu (13/7/2024) Pukul 09.30 Wita.
Kegiatan yang dilaksanakan di aula SMPN 2 Ende Selatan Kelurahan Roworena Kecamatan Ende Utara ini di ikuti oleh seluruh Siswa baru dan para guru pendamping.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Roworena Aipda Yahya Tonu Weni, S.Sos mengatakan bahwa program ini bertujuan untuk membekali siswa dengan nilai-nilai positif serta meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menghormati dan menghargai sesama melalui pendidikan akhlak, tata krama, sopan santun serta budaya malu jika berbuat tercela.

"Program sosialisasi ini melibatkan interaksi langsung antara Petugas Polisi dan siswa. Petugas polisi mendorong para pelajar untuk berbagi pengalaman dan pendapat mereka tentang kekerasan terhadap anak atau yang namanya  Bullying. Diskusi yang dilakukan bertujuan untuk membangun kesadaran dan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya sikap saling menghormati, toleransi, dan empati di lingkungan sekolah". Ucap Aipda Yahya T.Weni.

Para pelajar harus berani mengingatkan temannya yang melakukan Bullying untuk mencegah terjadinya tindak kekerasan baik secara verbal, fisik, relasional dan melalui media sosial. Laporkan kepada bapak/ibu guru supaya permasalahan Bullying bisa dicegah sekaligus dicarikan solusi yang terbaik. Tambahnya.

Bahwa program sosialisasi ini merupakan upaya nyata untuk mencegah dan menanggulangi kasus Bullying di tingkat pelajar SMP. Menurutnya, pendidikan karakter menjadi pondasi penting dalam membentuk sikap dan perilaku siswa sejak dini. Dengan melibatkan petugas kepolisian dalam kegiatan tersebut, diharapkan siswa dapat lebih memahami dan menginternalisasi nilai-nilai positif yang dapat membantu mencegah perilaku Bullying. Tambahnya.

Respon terhadap kegiatan sosialisasi ini sangat positif dari para guru, siswa, dan orang tua. Mereka mengapresiasi dalam melakukan upaya pencegahan bullying di tingkat SMP. Guru-guru berharap agar program ini dapat dilanjutkan secara berkelanjutan dan melibatkan lebih banyak sekolah untuk mencakup lebih banyak siswa. (HumasPolresEnde)