Polres Ende Gelar Simulasi Pengamanan Pilkada Operasi Mantap Praja Turangga Tahun 2024

Polres Ende Gelar Simulasi Pengamanan Pilkada Operasi Mantap Praja Turangga Tahun 2024

TribrataNewsEnde.Com - Polres Ende menggelar simulasi sistem pengamanan dalam kota (Sispamkota) Operasi Mantap PrajaTahun 2024. Simulasi Sispamkota ini dalam rangka persiapan pengamanan Pilkada guna menjaga kondusifitas wilayah serta untuk menciptakan situasi pesta demokrasi yang aman tentram dan damai ditengah lingkungan masyarakat Kabupaten Ende. Rabu (7/8/2024) Pukul 08.45 Wita.

Gladi bersih Simulasi yang berlangsung dilapangan Pancasila Jalan Sukarno Ende ini dipantau langsung Kapolres Ende AKBP I Gede Ngurah Joni M., S.H., S.I.K., M.H.,dan kegiatan ini dipimpin oleh Wakapolres Ende Kompol Ahmad, S.H., serta diikuti oleh Kabagops, Para Kapolsek jajaran Polres Ende, Personel Polres Ende, Personel Polsek Jajaran Polres Ende serta Personel Kompi 3 Batalyon B Satbrimob Ende.

Adapun rangkaian kegiatan Simulasi ini meliputi  :
- Kegiatan diawali dengan apel pengecekan, setelah apel dilanjutkan dengan gladi bersih simulasi yang diawali dengan Personel Satlantas Polres Ende melaksanakan Pengaturan Lalulintas dan personel Satsamapta melaksanakan Patroli rutin dalam rangka menjaga situasi kamtibmas, kemudian Simulasi Kampaye oleh salah satu Paslon Kepala Daerah.

- Simulasi Pleno di KPUD Kabupaten Ende dan terjadi aksi protes oleh massa yang merasa tidak puas dengan hasil pemilihan dan kegiatan dilanjutkan dengan simulasi Dalmas Awal, Dalmas Lanjutan dan Penanggulangan Huru Hara serta Simulasi diakhiri dengan latihan pembebasan sandera ketua KPUD Ende oleh Satbrimob Ende.

KabgaOps Polres Ende AKP Syafrudin sebagai Karendalpamres mengatakan Simulasi Pengamanan Pilkada Dalam Rangka Operasi Mantap Praja Turangga Tahun 2024 ini bertujuan untuk melatih keterampilan dan kesiap-siagaan petugas dilapangan yang mengamankan jalannya Pilkada 2024 di wilayah Kabupaten Ende.

"Kegiatan ini untuk melihatkan gambaran seperti apa dilapangan nanti, kemudian bagaimana peran, hubungan dan tata cara kerja anggota dalam menghadapi masa salah satu Paslon yang tidak puas dengan hasil pemungutan suara". Ucapnya.

Simulasi ini dirancang untuk menggambarkan realitas sesungguhnya tentang rangkaian tahapan pengamanan pilkada nanti, Dengan demikian, diharapkan para personel dapat memiliki gambaran yang jelas dan dapat mengantisipasi berbagai kendala yang mungkin terjadi selama proses tahapan Pilkada nanti,” tambahnya. (Zed-Stp)