Mengenang Jasa Para Pahlawan, Polres Ende Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Mengenang Jasa Para Pahlawan, Polres Ende Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila
Polres Ende gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila

TribrataNewsEnde.Com - Dalam rangka mengenang jasa para pahlawan Revolusi yang telah meninggal Dunia, Polres Ende menggelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila tingkat Polres Ende dengan Tema Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas. Selasa (1/10/2024) Pukul 08.00 Wita.

Adapun perangkat Upacara sebagai Inspektur Upacara Kapolres Ende AKBP I Gede Ngurah Joni M., S.H., S.I.K., M.H., Perwira Upacara Kabag SDM Polres Ende AKP Amrin dan Komandan Upacara KASPKT Polres Ende C.B.M. Perintis, S.H. serta peserta upacara gabungan dari Personel Polres Ende.

Kegiatan upacara yang serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia pada tanggal 1 Oktober ini di awali dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Inspektur upacara kemudian di lanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila oleh Inspektur Upacara, pembacaan naskah UUD 1945 oleh Kasiwas Ipda Nasrudin M. Saleh dan pembacaan naskah ikrar oleh Kasubsi PIDM Sihumas Ipda Heru Sutaban.

Kasubsi PIDM Sihumas Polres Ende Ipda Heru Sutaban di sela sela selesai Upacara mengatakan bahwa Upacara Hari Kesaktian pancasila ini merupakan momen penting untuk mengenang perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang gugur dalam peristiwa G30S/PKI yang mana pada tanggal 30 September 1965 ada enam perwira tinggi dan satu perwira menengah TNI AD telah gugur atas kekejian dari PKI. Ucapnya.

"Upacara ini juga menjadi momen untuk meningkatkan semangat nasionalisme dan patriotisme di kalangan personel Polres Ende. Untuk itu kita mengajak seluruh personel untuk memaknai nilai-nilai luhur yang terkandung dalam butir butir Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara". Ucapnya.

Dengan upacara ini mari kita maknai kembali nilai nilai utama dalam Pancasila sebagai semangat untuk membangun bangsa dan menjaga persatuan. Tambahnya. (HumasPolresEnde)