Kapolres Ende Hadiri Upacara PATI KA DU'A BAPU ATA MATA Di Taman Nasional Kelimutu

Kapolres Ende Hadiri Upacara  PATI KA DU'A BAPU ATA MATA Di Taman Nasional Kelimutu

TribrataNewsEnde - Kapolres Ende AKBP Albertus Andreana,S.I.K., bersama rombongan Bupati menghadiri Upacara "PATI KA DU'A BAPU ATA MATA" ( Tempat Memberi Makan kepada Arwah para Leluhur) dI Taman Nasional Kelimutu, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Jumat (14/8/20) pukul 09.00 wita.

Turut hadir dalam Upacara tersebut Bupati Ende, Dandim 1602 Ende, Kejari Ende, Sekda Ende, Anggota DPRD Kab. Ende, Para Asisten Kab. Ende, Para Pimpinan BUMN dan BUMD Kab. Ende, Para Pimpinan OPD Lingkungan Setda Ende, Mosalaki Penyangga Danau Kelimutu, Kepala Badan Pariwisata Kab. Ende, Kadis Perhubungan Kab. Ende, Para Camat Sekabupaten Ende, Ibu Ketua Bhayangkari Cab. Ende, Ketua Persit Kartika Candra Kirana Ende, Ketua PKK Cab. Ende, Kapolsek Wolowaru beserta anggota jajaran, Danrami 1602 02 Wolowaru beserta anggota jajaran, Para Kepala Desa Sekecamatan Kelimutu, Para Wartawan Media Elektornik dan Media Cetak, Para Tokoh Agama, Para Tokoh Adat, Para Tokoh Masyarakat dan Para Tokoh Pemuda.

Adapun beberapa Rangkaian Acara, yakni Pukul 09.30 Wita, Rombongan Bupati Ende disambut oleh 20 (Dua Puluh) orang Mosalaki (tetua adat) dan masuk kedalam Sao Ria (Rumah Adat).

Pukul 09.50 Wita, Rombongan Bupati Ende bersama 20 (Dua Puluh) Orang Mosalaki keluar dari Sao Ria (Rumah Adat) dan menuju ke Danau Kelimutu.

Pukul 10.30 Wita, Rombongan Bapak Bupati Ende bersama 20 (Dua Puluh) orang Mosalaki  tiba di tempat  Pati Ka Dua Bupu Ata Mata (Tempat Memberi Makan kepada Arwah para Leluhur) dan bersama - sama Mosalaki Melakukan Ritual Adat Memberi Makan Kepada Arwah para Leluhur dan Gawi (Menari Tarian Adat) bersama-sama.

Pukul 11.15 Wita, Rombongan Bupati Ende bersama 20 (Dua Puluh) orang Mosalaki meninggalkan Tempat Pati Ka Ata Bupu (Tempat Memberi makan Kepada Leluhur) Kembali ke Tenda Undangan di Parkiran Danau Kelimutu.

Pukul 12.45 Wita, Rombongan Bupati Ende bersama 20 (Dua Puluh) Orang Mosalaki tiba di Tenda Undangan di Parkiran Danau Kelimutu.

Adapun beberapa Sambutan Bupati Ende yakni Kegiatan Ritual Adat yang dilakukan ini adalah salah satu cara untuk memanggil Arwah Para Leluhur supaya bisa menjaga lingkungan dan Daerah khususnya Kab. Ende.

Pariwisata Danau Kelimutu sudah banyak di kenal di Wilayah Lokal maupun Mancanegara dan diharapkan agar selalu Menjaga kelestarian  populasi hewan dan tumbuhan yang ada di sekitar Tempat Pariwisata Danau Kelimutu.

Wakil Ketua DPRD Kab. Ende Kegiatan Upacara ini sekaligus meminta dukungan dari berbagai lingkungan Pemerintahan agar lebih mengedepankan infrastruktur dan vasilitas Pembangunan supaya dapat menarik minat para pengujung/Wisatawan lebih banyak lagi.

Upacara Pati Ka Du'a Bapu Ata Mata merupakan acara adat tahunan yang diselenggarakan setiap tanggal 14 Agustus,oleh Suku Lio untuk menghormati arwah para leluhur. Acara puncak dalam festival ini adalah 'memberi makan' roh para leluhur yang dipercaya tinggal di sekitar Danau Kelimutu.

Menurut Suku Lio, arwah para leluhur ini berkumpul di Batu Arwah. Letak Batu Arwah ini berada di areal Feeding Ground, sebuah areal terbuka tepat sebelum meniti tangga hingga ke puncak Danau Kelimutu.

Seluruh Rangkaian Upacara Pati Ka Du'a Bapu Ata Mata Di Taman Nasional Kelimutu, dilakukan pengamanan terbuka dan tertutup Oleh Personel Polsek Wolowaru dipimpin Kapolsek Wolowaru Ipda Bayu Rizky Subagyo, S.Tr.K., dibantu Personel Koramil 1602 02 Wolowaru dan berakhir pukul 15.00 Wita, Situasi terpantau aman dan terkendali.(YR)