Kabagops Polres Ende Kawal Dan Pimpin Langsung Pengamanan Aksi Unjuk Rasa Damai Dari PMKRI Cabang Ende

Kabagops Polres Ende Kawal Dan Pimpin Langsung Pengamanan Aksi Unjuk Rasa Damai Dari PMKRI Cabang Ende

TribrataNewsEnde.Com - Untuk menjaga keamanan dan ketertiban Aksi damai yang digelar oleh Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Ende, puluhan personil Polres Ende diterjunkan untuk melakukan pengamanan dan pengawalan aksi damai tersebut, Rabu (16/06/21) pukul 09.30 - 13.30 wita.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk memberikan jaminan keamanan dan ketertiban kepada para pengunjuk rasa baik untuk menjaga kelancaran arus lalu lintas maupun ancaman pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dalam kegiatan ini Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Ende, menggelar aksi damai sehubungan dengan persoalan dana covid - 19 yang terjadi di Kabupaten Ende diduga tidak ada transparansi pengelolaan anggaran dana covid - 19 oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Ende.

Adapun Isi dari pernyataaan sikap aksi damai sebagai berikut :
- PMKRI mendesak Pemda Kab. Ende untuk secara terbuka menyampaikan ke publik terkait penggunaan dana penanganan Covid-19 senilai 70 Miliar.
- PMKRI mendesak badan pemeriksa keuangan (BPK) untuk segera melakukan audit dana Covid-19 senilai 70 Miliar.
- PMKRI mendesak DPRD Kab. Ende untuk menjalankan fungsi pengawasan secara cepat dan tepat.

Kegiatan aksi damai tersebut dilaksanakan dengan berjalan kaki (Longmarch)  dengan sasaran  yakni  di depan Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kab. Ende, Simpang Lima, Kantor DPRD Kab. Ende, Depan Kantor Bupati Ende dan terakhir Kembali ke marga PMKRI Cabang Ende.

Disela-sela kegiatan, Kabagops Polres Ende AKP I Wayan Oka Deswanta,S.E., yang memimpin langsung kegiatan pengamanan mengatakan bahwa pengamanan tersebut dilakukan oleh Polres Ende untuk menjaga stabilitas Kamtibmas agar tetap aman dan kondusif.

"Anggota pengamanan akan mengawal jalannya aksi damai hingga selesai dengan cara yang humanis serta sesuai SOP pengamanan kegiatan unjuk rasa.” Ucap Kabagops.
 
Disampaikan oleh Kabagops, bahwa sebelumnya pihaknya juga sudah menghimbau kepada pihak yang akan melaksanakan aksi damai untuk tetap menjaga kamtibmas agar tetap kondusif serta tidak melakukan tindakan yang anarkis.
 
“Menyampaikan pendapat di muka umum itu hak setiap warga negara, akan tetapi jangan sampai mengganggu apalagi melanggar hak orang lain,” tutup Kabagops.
 
Didampingi oleh beberapa perwira dan petugas pengamanan, AKP I Wayan Oka Deswanta,S.E.,  turut serta berjalan kaki bersama peserta aksi damai dari titik kumpul hingga selesai. (Humas Polres Ende)