35 Personil Polres Ende Mengikuti Tes Psikologi Untuk Pemegang Senjata Api Dinas

35 Personil Polres Ende Mengikuti Tes Psikologi Untuk Pemegang Senjata Api Dinas

TribrataNewsEnde.Com - Sebanyak 35 personel Polres Ende mengikuti tes psikologi dalam rangka memeriksa perilaku dan mental untuk direkomendasikan memegang senjata api (Senpi) milik Dinas Polri yang berlangsung di ruangan lobi Polres Ende, Senin (26/9/22) pukul 13.00 wita.

Tes psikologi calon pemegang senpi dinas diikuti oleh para Kanit Spkt Polsek, Anggota Pamobvit, Kanit Intelkam, Kanit Reskrim, Kanit Samapta, Kanit Provos dan Kapospol jajaran Polres Ende.

Kapolres Ende AKBP Andre Librian,S.I.K., melalui Waka Polres Ende Kompol I Ketut Suka Abdi yang memantau langsung kegiatan terserbut mengatakan bahwa  tes psikologi ini dilakukan rutin setiap tahun sebagai analisa dan evaluasi serta bahan penilaian pimpinan kepada anggota sebagai syarat mutlak ijin memegang Senpi Dinas

“Kegiatan ini diharapkan dapat mengetahui tingkat kecerdasan, intelektual, tingkat emosional pengendalian diri, penyesuain diri dalam bertugas terutama bagi personil yang dipercaya memegang senpi milik dinas,” jelasnya

Sementara itu, Tim Psikologi Polda NTT   IPTU Juan Arturo  Djara, M.Psi Psikolog (Ketum) Jabatan PS. Paur Subbag Psipers Bagpsi Rosdm Polda NTT didampingi Dorkas Loin Pengatur TK I Jabatan Banum Psipol Bagpsi Polda NTT mengatakan pemeriksaan/tes psikologi ini merupakan rangkaian kegiatan yang meliputi pengumpulan, pengolahan dan evaluasi data psikologi untuk mengungkap karakteristik individual berdasarkan nilai dan persyaratan yang ditetapkan. Calon pemegang senpi organik Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) adalah anggota Polri yang ditunjuk oleh kesatuannya untuk mendapatkan ijin pinjam pakai senpi organik Polri.

Iptu Juan Arturo  Djara, M.Psi menyampaikan bahwa tujuan tes psikologi bagi personel Polri adalah untuk mengetahui kondisi psikologi apakah yang bersangkutan layak atau tidak untuk dipinjam pakaikan senjata api organik milik Polri dan untuk mengetahui kondisi mental dan kepribadiannya.

"Dengan adanya kegiatan tersebut, dapat diketahui kondisi mental dan kepribadian setiap personel, dan kegiatan tes psikologi direncanakan akan dilaksanakan secara berkala guna menjaga profesionalitas personel dalam pelaksanaan tugas-tugas Kepolisian," Jelasnya.

Seluruh rangkaian kegiatan yang berlangsung dari pukul 13.00 s/d 14.45 wita ini, dipantau langsung oleh Waka Polres Ende, Kabag SDM Polres Ende dan Kasi Propam Polres Ende serta kegiatan.berjalan dengan aman tertib dan lancar. (HumasPolresEnde)