Polres Ende Gelar Tes Kesamaptaan Jasmani Dan Bela Diri Polri Berkala Tahap I Tahun 2020

Polres Ende Gelar Tes Kesamaptaan Jasmani Dan Bela Diri Polri Berkala Tahap I Tahun 2020

TribrataNewsEnde - Kepolisian Resor Ende dan Polsek jajaran menggelar tes Kesamaptaan Jasmani dan Bela Diri Polri Tahap I Tahun 2020. Kegiatan tersebut akan berlangsung selama 3 (tiga) hari dimulai tanggal 09 sampai dengan 11 Maret 2020, bertempat di lapangan Apel Mapolres Ende yang di koordinir oleh Kabag Sumda Polres Ende AKP M. Nur Daud, didampingi anggota Panitia Samjas dari Bag Sumda Polres Ende, Senin (09/03) pagi.

Dalam melaksanakan tes kesamaptaan anggota akan diperiksa terlebih dahulu mengenai kesehatan antara lain pemeriksaan tekanan darah, setelah dinyatakan sehat anggota melaksanakan lari selama 12 menit, full up, push-up, sit up dan lari angka 8 serta beladiri Polri.

Kegiatan di hari pertama tes kesamaptaan diikuti oleh personil Polres Ende maupun anggota Polsek Jajaran baik perwira maupun bintara sebanyak 89 orang.

Kabag Sumda Polres Ende AKP M. Nur Daud, menjelaskan Tujuan dilaksanakannya tes Kesamaptaan Jasmani bagi anggota Polres Ende ini adalah untuk menjaga kebugaran tubuh setiap anggota secara periodik, dalam hasil tes kesamaptaan jasmani merupakan salah satu syarat bagi anggota yang akan melaksanakan pendidikan untuk bisa mendapatkan pangkat yang lebih tinggi, bagi personil yang tidak mengikuti tes kesamaptaan maka yang bersangkutan tidak diusulkan untuk UKP dan akan melaksanakannya di Polda NTT.

Tes kesamaptaan jasmani ini juga salah satu faktor pendukung pengembangan karier personil Polri antara lain persyaratan untuk mengikuti Pendidikan PAG, Secapa / SIP, Dikbangpers serta merupakan salah satu syarat dalam pengusulan kenaikan pangkat (UKP).