Kapolsek Ende Hadiri Rapat Koordinasi Persiapan Penyelenggaraan Pilkades Serentak Tingkat Kec.Ende Utara

Kapolsek Ende Hadiri Rapat Koordinasi Persiapan  Penyelenggaraan Pilkades Serentak Tingkat Kec.Ende Utara

TribrataNewsEnde - Bertempat di Aula Kantor Camat Ende Utara,Kapolsek Ende IPTU J. Ronny N.Gonstal, SH.bersama Bripka Hasan Nul Basrin Bhabinkamtibmas Kelurahan Kotaraja Polsek Ende, menghadiri rapat koordinasi persiapan Pilkades serentak gelombang 2 tahun 2019 dalam wilayah Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende Senin (4/11/19) siang.

Kegiatan di buka oleh Camat Ende Utara Bpk.Drs.Kapitan Lingga dan di hadiri oleh Kapolsek Ende IPTU J. Ronny N.Gonstal, SH.

Rapat Sosialisasi hari ini mengusung Tema " POLRI DALAM MENGHADAPI PILKADES 2019 DI KEC.ENDE UTARA, KAB.ENDE".

Pada kesempatan tersebut Kapolsek Ende menyampaikan beberapa materi dan himbauan Kamtibmas yakni Dasar hukum, UU RI.No.2 thn.2002 ttg Polri, UU RI.No.8 thn 1981 ttg KUHP, UU. RI No.11 thn.1980 ttg TP.Suap.

Langkah- langkah Polri dalam menghadapi Pilkades 2019, yakni Perkuat Soliditas dan sinergitas TNI & Polri guna mewujudkan Pilkades yang aman dan lancar.

Jaga netralitas TNI & Polri serta hindari tindakan yang dapat mencedrai netralitas TNI & Polri dalam selenggarakan setiap tahapan pilkades.

Kedepankan langkah proaktif dengan mengoptimalkan deteksi dini guna mengetahui dinamika yang berkembang untuk selanjutnya dilaksanakan upaya-upaya cegah dan penanganan secara dini.

Gelorakan Deklarasi Pilkades damai dengan mengikut sertakan elemen elemen yg terlibat dlm penyelenggaraan Pilkades.

Susunan rencana pengamanan secara detail dan laksanakan latihan pada setiap tahapan pengamanan.

Memberikan pemahaman kepada calon Kepala Desa tentang pemilihan Kepala Desa agar tidak melakukan perbuatan Money Politic, serta para calon Kepala Desa dapat memberikan himbauan kepada para pendukungnya agar tidak melakukan perbuatan- perbuatan pidana seperti keributan dan kekacauan pada saat pemungutan suara dan perhitungan suara.

Lakukan penegakan hukum secara profesional dan proporsional baik terhadap dugaan Tindak Pidana Pilkades maupun potensi pelanggaran hukum lainnya guna menjamin stabilitas kamtibmas yang kondusif.

Pesiapan dan pelaksanaan Pilkades Serentak Gelombang 2 tahun 2019 dalam wilayah Kecamatan Ende Utara sebanyak 4 Desa yakni Desa Borokanda. Desa Raterua,Desa Embundoa dan Desa Mbomba," Tutup Kapolsek.