Upacara Hari Juang Polri di Polres Ende, Kapolres Ende Bacakan Proklamasi Kepolisian Negara Republik Indonesia

Upacara Hari Juang Polri di Polres Ende, Kapolres Ende Bacakan Proklamasi Kepolisian Negara Republik Indonesia
Foto : Kapolres Ende menjadi Irup pada Upacara Peringatan Hari Juang Polri
Upacara Hari Juang Polri di Polres Ende, Kapolres Ende Bacakan Proklamasi Kepolisian Negara Republik Indonesia

Tribratanewsende.com - Dalam Rangka Memperingati Hari Juang Polri, Kepolisian Resor Ende melaksanakan upacara peringatan Hari Juang Polri di halaman Polres Ende, Rabu (21/8/2024). Pukul 07.30 Wita.

Dalam upacara peringatan Hari Juang Polri tersebut, Kapolres Ende AKBP I Gede Ngurah Joni M, S.H, S.I.K, M.H berkesempatan menjadi Inspektur Upacara dan membacakan teks Proklamasi Kepolisian Negara Republik Indonesia dihadapan peserta upacara. Adapun undangan yang hadir dalam kegiatan hari juang Polri tersebut Wakapolres Ende, Pasi Ops Kodim 1602 Ende, Ketua PHDI, Ketua NU Kabupaten Ende, Ketua PP Polri dan Anggota dan Perwakilan Ketua DPRD Kabupaten Ende.

Pada upacara tersebut juga dibacakan Sejarah Singkat Hari Juang Polri oleh Ipda Heru Sutaban, dimana pada sejarah singkat tersebut terdapat momentum penting yang dapat memicu semangat Anggota Polisi untuk mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia diantaranya dengan melakukan pelucutan senjata terhadap gudang senjata Jepang, membagikan senjata kepada badan-badan perjuangan dan mengirim sebagian senjata ke wilayah lain untuk membantu perjuangan, melakukan perlawanan terhadap kedatangan tentara sekutu, serta terlibat dalam menghadapi agresi militer Belanda.

Kapolres Ende AKBP I Gede Ngurah Joni M. S.H., S.I.K., M.H. saat diwawancarai oleh Humas mengatakan Peringatan Hari Juang Polri tahun 2024 dengan mengangkat tema Dengan Semangat Hari Juang Polri yang Presisi Siap Mengabdi Demi Terwujudnya Indonesia Emas 2045 Diharapkan dapat membangkitkan semangat bagi generasi muda Polri saat ini, Saya berharap seluruh anggota Polres Ende untuk pedoman apa yang telah menjadi warisan perjuangan para pendahulu dengan  terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Ucapnya.

"Upacara Hari Juang Polri ini bertujuan untuk mengenang perjuangan para polisi dalam memperjuangkan kemerdekaan dan menjaga keamanan negara, semangat perjuangan yang telah di torehan oleh para pendahulu diharapkan terus di gelorakan dalam menghadapi berbagai macam tantangan jaman".Ucap Kapolres Ende.

Peristiwa - peristiwa tersebut membuktikan bahwa Polisi sangat berperan dalam perjuangan mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia sehingga perlu dikenang dan diwujudkan dalam sebuah peristiwa bersejarah. Dan pada tanggal 22 Januari 2024 Bapak Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si telah menerbitkan Keputusan Kapolri No. : KEP / 95 / I / 2024 bahwa tanggal 21 Agustus ditetapkan sebagai Hari Juang Polri. (Humas Polres Ende)