Polres Ende Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Dalam Rangka Operasi Lilin Ranakah 2021

Polres Ende Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Dalam Rangka Operasi Lilin Ranakah 2021

TribrataNewsEnde.Com - Untuk menyamakan Persepsi dan mengambil langkah-langka yang tepat sasaran Poles Ende Menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Dalam Rangka Operasi Lilin Ranakah 2021 yang bertempat di Ruangan PPKO Polres Ende, Kamis (23/12/2021) Pukul 09.30 Wita.

Kegiatan dipimpin oleh Waka Polres Ende Kompol I K Suka Abdi dan didampingi oleh PasiOps Kodim 1602 Ende dan dihadiri oleh KabagOps Polres Ende, Kasat intelkam Polres Ende, Danki C Yonif 743 Ende, Danpos TNI AL, PasisubdenPom Ende, Ba.ops Brimob Batalyon B Ende, Kasi Ops Satpol PP Ende, Kabid Pengawasan kesbangpolda, Kabid Dinas Perhubungan Ende, Ketua Secom Ende, Ft manajer pertamina Ende,  BMKG Pos Ende, Staf Ops. PLN, koordinator Pos Basarnas Ende, Staf PT. Pelni, serta Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat.

Waka Polres Ende Kompol I Ketut Suka Abdi dalam pembukaan rapat kegiatan mengatakan Bahwa menjelang Natal 2021 dan tahun baru 2022 Polres Ende melaksanakan operasi yang dinamakan operasi lilin ranakah-2021, sehingga perlu peran serta dari para tokoh agama, tokoh masyarakat bersama-sama dalam menjaga keamanan dan ketertiban serta menaati prokes kesehatan yang sudah di tetapkan.

"Melalui Rapat koordinasi ini diharapkan peran serta dari semua instansi terkait dan tokoh agama dan masyarakat, pada prinsipnya sehigga pelaksaan Nataru berjalan aman dan lancar sesuai apa yang kita harapkan bersama untuk Polres Ende dalam pelaksanaan pengamanan meliputi pengamanan kegiatan, orang, barang dan obyek- obyek lainya secara skala prioritas, berkaitan dengan hal tersebut Polres Ende telah menyiapkan 2 Pos Pengamanan dan 1 Pos Pelayanan Terpadu untuk kegiatan Agama, agar dapat berjalan aman, lancar dan damai" Ucap Waka Polres Ende.

Adapun Poin penting dalam rapat Lintas Sektor yang perlu diperhatikan dalam Pelaksanaan Ibadah Natal antara lain : 
1. Kepatuhan umat terhadap protokol Kesehatan.
2. Identifikasi umat untuk mencegah terjadinya pencemaran Hostia.
3. Sistem kelistrikan pada lokasi ibadah untuk menghindari terjadinya kebakaran         pada saat pelaksanaan ibadah.
4. Optimalisasi pelaksanaan tugas satgas Covid-19 dalan pengawasan pelaku   perjalanan.
5. Seminimal mungkin menghindari pemadaman listrik pada saat ibadah Natal.

Dalam kegiatan Rapat ini Semua tamu Undangan yang hadir mendukung penuh langkah-langkah yang di lakukan Polres Ende sehingga pelaksaan ibadah natal dan tahun baru 2022 berjalan aman dan lancar.

Di akhir Sambutanya Waka Polres menuturkan Dengan telah menurunnya tingkat penyebaran Covid-19 di kab. Ende maka diharapkan agar kita semua setiap akan melaksanakan kegiatan ibadah agara tetap mentaati prokes yang sudah ditentukan.

Setelah selesai pembukaan oleh Waka Polres Ende di lanjutkan pemapara oleh Kasat Intelkam dan Kabagops terkait pelaksanaan pengamanan menjelang Natal 2021 dan tahun baru 2022 Polres Ende sudah memetakan beberapa lokasi yang di anggap rawan serta membuat pos - pos yang dianggap rawan.serta mengantisipasi bencana alam, saat ini curah hujan sangat tinggi sehingga perlu dilakukan antisipasi maupun persiapan yang matang sehingga apabila terjadi bencana alam maupun kebakaran sehingga dapat dilakukan penanggulangan yang semaksimal mungkin.

setelah pemaparan di lanjutkan dengan tanya jawab dan tukar pendapat menjelang pelaksanaan Natal dan tahun baru 2022 oleh para Undangan rapat yang hadir.(HumasPolresEnde)