Kapolsek Ndona Menjadi Narasumber Pada Acara Sosialisasi Kegiatan Sekolah Lapang Tematik Tingkat Kabupaten Ende Tahun Anggaran 2024

Kapolsek Ndona Menjadi Narasumber Pada Acara Sosialisasi Kegiatan Sekolah Lapang Tematik Tingkat Kabupaten Ende Tahun Anggaran 2024
Kapolsek Ndona Menjadi Narasumber Pada Acara Sosialisasi Kegiatan Sekolah Lapang Tematik Tingkat Kabupaten Ende Tahun Anggaran 2024

Tribratanewsende.com - Kepala Kepolisian Sektor Ndona Iptu I Gede Wisna, S.H berkesempatan menjadi narasumber pada acara sosialisasi kegiatan sekolah lapang tematik tingkat Kabupaten Ende yang diadakan di desa Nanganesa Kecamatan Ndona pada hari Jum'at (6/9/2024).

Hadir dalam Sosialisasi ini Ibu Plt. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Ende Mathilda Gaudensia Ilmoe,SP, Kepala Bidang PPSDM bersama JF Penyuluh Pertanian, Kapolsek Ndona, Babinsa Desa Nanganesa, Kepala BPP Kecamatan Ndona bersama seluruh PPL serta perwakilan kelompok tani yang ada di Desa Nanganesa dan Kelurahan Onelako Kec. Ndona

Dalam sambutan pembukaan kegiatan ini, ibu Plt. Kepala Dinas Pertanian Kab. Ende menyampaikan beberapa hal sebagai berikut :

- Pembangunan Pertanian ke depan diharapkan memberikan kontribusi yang lebih besar dalam rangka mengurangi kesenjangan dan memperluas kesempatan kerja serta mampu memanfaatkan semua peluang ekonomi yang terjadi sebagai dampak globalisasi dan liberalisasi perdagangan dunia, dimana kegiatan yang akan diusahakan adalah tanaman hortikultura yaitu mentimun dan diharapkan Desa Nanganesa dapat menjadi salah satu sentra tanaman mentimun yang menyuplai kebutuhan dalam kota ende dan bisa di jual keluar kabupaten ende

Di era globalisasi dan perdagangan bebas saat ini diharakan petani lebih inovasi dengan memanfaatkan HP android untuk proses pembelajaran mandiri dimana dapat belajar cara budidaya sampai pada pemasaran secara online.

Hal berikut yang beliau sampaikan bahwa tantangan pembangunan pertanian dalam menghadapi era globalisasi di Indonesia pada umumnya dan kabupaten Ende pada khususnya didominasi adalah usaha pertanian dalam skala kecil, namun apabila pola kerja dan pola pikir di atur yaitu mulai dari pemilihan benih, pengolahan lahan, proses pertanaman, pemeliharaan dan pasca panen dilakukan secara benar, maka akan berdampak pada peningkatan produksi dan produktivitas yang ujungnya adalah peningkatan kesejaheteraan petani itu sendiri.

Kegiatan ini dilakukan dengan pendekatan kelompok sehingga diharapakan semua kelompok tani telah diinput dalam aplikasi simluhtan sehingga terdata di Kementrian Pertanian dan PPL sebagai garda terdepan dalam pendampingan kelompok tani.

- Dalam akhir sambutan beliau menyampaikan tantangan kepada semua peserta termasuk para PPL yang hadir untuk menyikapi program Presiden Terpilih Bapak Prabowo yaitu makan bergizi gratis dimana kita harus mampu menyiapkan bahan pangan sendiri sebagai kebutuhan program tersebut sehingga tidak didatangkan dari daerah lain. 

Dalam sosialisasi ini juga Kapolsek Ndona, I Gede Wisna, S.H memberikan motivasi kepada seluruh peserta dimana beliau menceritakan awal mula mulai berkebun bersama anggotanya yaitu dari program tanam jagung panen sapi (TJPS) dilahan masyarakat Desa Nanganesa dari kegiatan awal tersebut dilanjutkan sampai dengan saat ini. Untuk diketahui setelah tanam jagung lahan tersebut di Tanami kacang panjang dan mentimun, dan saat ini tanaman tomat yang sudah dipanen sebanyak 7 kali. Beliau bercerita pula bahwa dalam pemasaran beliau juga membantunya pemasarannya. dengan berkebun beliau sampaikan bahwa tidak akan menurunkan pangkat atau derajadnya sebagai Polisi tetapi dengan hasil kebun tersebut sudah banyak membantu pemuda setempat, memenuhi kebutuhan sayuran dalam kota Ende dan terlebih lagi memberikan motivasi kepada masyarakat bahwa berkebun itu muda dan dapat menghasilkan uang sekalipun dengan lahan yang sempit. 

Acara selanjutnya Sosialisasi Kegiatan Sekolah Lapang Tematik Tingkat Kabupaten Ende Tahun Anggaran 2024 yang dipimpin secara langsung oleh Ibu Kepala Bidang PPSDM Nunuk Endang Sekartadji, STP.  (Humas Polres Ende)