Kapolres Ende Buka Pelatihan Gada Pratama Satpam Gel VI Tahun 2020

Kapolres Ende Buka Pelatihan Gada Pratama Satpam Gel VI Tahun 2020

TribrataNewsEnde.Com - Upacara Pembukaan Pelatihan Gada Pratama Satpam Gel.VI tahun 2020, resmi dibuka oleh Kapolres Ende AKBP Albertus Andreana, SIK, bertempat di Aula KLK Dinas Transnaker Kab. Ende Jln. Anggrek, Kel. Mautapaga, Kec. Ende Timur, Kab. Ende, Rabu kemarin (18/11/20) pukul 10.30 wita.

Kegiatan Pembukaan Diklat Satpam ini dihadiri oleh Kasubdit Satpam Polsus Kompol Koilmi M. Bagailan, Kasat Binmas Polres Ende Iptu Butje A. Mema Muda dan Personel Satbinmas Polres Ende.

Kapolres Ende AKBP Albertus Andreana, SIK,membacakan  Amanat Dir Binmas Polda NTT Kombes Pol Drs. Taufiq Atmojo, dalam amanatnya mengatakan bahwa Keberadaan pengamanan swakarsa telah ditetapkan dalam UU No. 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia pasal 3 yang berbunyi "  Pengemban fungsi Kepolisian adalah Polri yang dibantu oleh Kepolisian Khusus (Polsus) , Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS), dan bentuk - bentuk pengamanan Swakarsa ".

Satuan pengamanan (Satpam) yang disiapkan untuk mengamankan suatu lingkungannya sering menjadi korban tampa perlawanan, menjadi faktor penting untuk dipandang perlu adanya suatu pendidikan dan pelatihan yang berkesinambungan untuk meningkatkan kapasitas profesionalisme dalam bertugas.

Pelatihan dasar gada pratama satpam yang kita laksanakan ini merupakan sarana peningkatan profesionalisme satpam untuk mewujudkan pengamanan swakarsa yang handal, saya anggap tepat karena merupakan potensi yang diharapkan dapat menjadi pelopor dalam keikut sertaanya pada upaya memelihara dan meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Selanjutnya untuk lebih meningkatkan peran serta Satuan Pengamanan perlu ditekankan hal - hal sbb :
a) Wujudkan sikap dan prilaku melindungi, mengayomi dan melayani masyakarat khususnya di lingkungan kerjanya.

b) Pegang teguh etika profesi pada diri dalam melaksanakan tugas tampa mengabaikan keselamatan diri.

c) Tumbuhkan dan kembangkan terus kemampuan individu melalui pendidikan dan pelatihan agar tetap dapat terpelihara tingkat disiplin dan profesionalisme yang handal.

d) Kembangkan dan pahami secara baik dan benar konsep pengaman yang sesuai dengan lingkungan serta bersikap proaktif dan antisipatif terhadap perubahan dan perkembangan di lingkungan masyarakat.

Sebelum mengakhiri sambutan ini saya ucapkan selamat berlatih kepada siswa pelatihan satpam, tingkatkan semangat belajar anda dan seraplah ilmu sebanyak-banyaknya dalam mengikuti pelatihan nanti, tak lupa juga saya ucapkan terima kasih kepada Pimpinan PT. Timor Usaha Berdikari karena atas kerjasama yang baik sehingga dapat terselenggara pelatihan gada pratama satpam ini.

Untuk diketahui Kegiatan Pelatihan Gada Pratama Satpam Gelombang VII Tahun 2020 tingkat Kab. Ende akan berlangsung sejak tanggal 18 November 2020 s/d tanggal 2 Desember 2020, dengan jumlah peserta sebanyak 130 orang. (Humas Polres Ende)