Kabagops Pimpin Rapat Lintas Sektoral Dalam Rangka Operasi Semana Santa Ranakah 2021

Kabagops Pimpin Rapat Lintas Sektoral Dalam Rangka Operasi Semana Santa Ranakah 2021

TribrataNewsEnde.Com - Sebagai upaya untuk menyiapkan rencanan pengamanan termasuk personil yang akan dilibatkan dalam pengamanan nanti, hari ini Selasa (30/03/21) pukul 09.20 wita, Polres Ende menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Operasi Semana Santa Ranakah 2021, bertempat di ruang PPKO Polres Ende.

Rapat dipimpin langsung Kabagops Polres Ende AKP I Wayan Oka Deswanta, SE, di dampingi Kabankesbangpol Ende Drs. Gabriel Dala serta dihadiri oleh Ketua majelis gereja GMIT Syalom Ende Pdt. Ferluminggus Balo, Pdm. gereja Pantekosta GPPS Petra Ende Viktor O. Dethan, Pastor paroki gereja Kathedral Ende RD. Ambrosius Nanga, Pastor paroki gereja Onekore RD. Vitalis Nasrudin, SVD, Pastor paroki gereja Bhoanawa RD. Dominikus Nong, Pastor paroki gereja Mautapaga RD. Angki Parera, Para Kasat dan Perwira Polres Ende, Para Pakor pengamanan di gereja masing-masing, Sekertaris Satpol PP Ende Emanuel Taji, Kasi Sat Pol PP Ende J. Rudy N. Gonstal, Dan Unit Intel Kodim Letda Inf. Hendrik Karamula, Ketua Senkom Ende Azhar Djafar, Ba Taud Subden Pom Ende Pelda Agung Kt. Antaguna, Pa Ops Brimob Ende Aipda Karel Sailana, Anggota Pos AL Serma Emanuel Soter, Kabid Darat Dishub Ende Zainudin Ismail, Pemuda-pemuda Remaja Mesjid,Para media masa.

Membuka kegiatan tersebut Kabagops menyampaikan sambutan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya menyamakan persepsi antar instansi terkait pengamanan kegiatan masyarakat.

" Sebelum dilaksanakan pelaksanaan kegiatan ibadah misa hari raya paskah 2021, akan di  laksanakan sterilisasi oleh Satbrimobda Ende serta akan dilakukan penempatan personil Polres Ende di gereja-gereja selama 1x24 jam untuk pengamanan terhitung dari tanggal 01 April 2021 s/d tanggal 05 April 2021, dengan melibatkan 226 personil pengamanan yang terdiri dari gabungan personil Polres Ende, personil TNI dan instansi terkait". Terang Kabagops.

Selesai paparan dari Kabagops dilanjutkan paparan dari Kasat Intelkam Polres Ende pada intinya mengajak seluruh elemen masyarakat dan para tokoh agama untuk menghimbau para umat agar selalu menjaga situasi saat ini sehingga selalu kondusif di wilayah Kabupaten Ende, serta demi keamanan bersama di harapkan para pihak gereja harus selalu menggunakan masker dan melaksanakan protokol kesehatan dan menyediakan kupon untuk tanda pengenal petugas keamanan gereja, dan kendaraan para umat yang melaksanakan ibadah misa.

Usai paparan dari Kasat Intel dilanjutkan ucapan terima kasih dari para tokoh agama untuk pihak keamanan Polres Ende karena sudah bekerja sama untuk menjaga keamanan selama kegiataan ibadah berlangsung serta keterlibatan personil Polri yang melaksanakan ibadah misa hari raya paskah ini dengan menggunakan pakaian dinas sehingga umat yang melaksanakan ibadah dengan aman dan tenang.

Dari pihak gereja juga telah menyiapkan kupon sebagai tanda pengenal umat sehingga para umat yang akan melaksanakan ibadah dibatasi dan di atur dengan jadwal yang telah di tentukan dari pihak gereja, serta ucapan terima kasih kepada para pemuda remaja mesjid dalam membantu pelaksanaan pengamanan ibadah misa hari raya paskah tahun 2021.(Humas Polres Ende)