Ciptakan Rasa Aman, Polres Ende Bersama Instansi Lainnya Amankan Jalannya Misa Kamis Putih

Ciptakan Rasa Aman, Polres Ende Bersama Instansi Lainnya Amankan Jalannya Misa Kamis Putih

TribrataNewsEnde.Com - Umat Katholik menggelar Misa Ekaristi Kamis Putih, sebagai bagian dari rangkaian Pekan Suci dalam Katolik. Dalam tradisi Agama Katholik, selalu menggelar upacara suci dalam perayaan Paskah, yakni Minggu Palma, Kamis Putih, Jumat Agung, dan berakhir dengan Paskah yang merupakan peringatan kebangkitan Yesus.

Untuk memberikan kenyamanan kepada umat Kristiani yang melaksanakan peringatan hari Raya Paskah di gereja, Polres Ende mengerahkan personilnya baik Polres maupun Polsek jajaran untuk mengamankan jalannya ibadah Misa Kamis Putih agar berjalan dengan aman damai dan sejuk tentu dengan tetap mematuhi protokol kesehatan selama pelaksanaan ibadah.

Hal ini disampaikan Kapolres Ende AKBP Albertus Andreana, S.I.K., melalui Kabag Ops AKP I Wayan Oka Deswanta, S.E.,Kamis (01/04/2021).

Kabagops menjelaskan sebanyak 86 personel siap diterjunkan dalam pengamanan Paskah di wilayah Kabupaten Ende. “Personel akan melaksanakan pengamanan disejumlah gereja. Ada juga tim patroli mobile dan pengamanan mako untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan,” ujar Kabagops.

Ia menuturkan, pola pengamanan di masing-masing gereja tidak sama. Hal ini ditentukan jumlah jemaat di suatu gereja dan tingkat kerawanannya. Selain mengamankan setiap gereja, menurut Kabagops, ada juga tim patroli yang telah disiapkan guna merespons tindak kejahatan lainnya dan memonitor situasi di setiap gereja yang tengah melaksanakan ibadah Paskah.

”Jumlah anggota yang mengamankan di setiap gereja tidak sama. Ada gereja yang diamankan minimal tujuh personel dan ada gereja yang dijaga sebelas personel,” tuturnya.

Tujuan dari pengamanan gereja ini, untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi para Umat Kristiani yang merayakan Paskah. Juga agar kita menumbuhkan sikap saling tenggang rasa satu sama lain berkumpul tanpa membedakan Suku, Rasa atau Agama sehingga dapat menciptakan suasana yang aman dan damai.

" Selain anggota Polri dan TNI serta Instansi lainnya, Remaja Masjid (Remas) se-Kota Ende juga turut mengambil bagian dalam membantu keamanan selama perayaan Paskah bagi umat Kristiani, mulai Kamis – Senin 5 April 2021", tutup Kabagops. (Humas Polres Ende)