Wujudkan Pilkada Aman dan Damai, Polres Ende Gelar Rakor Lintas Sektoral Dalam Rangka Ops Mantap Praja Turangga 2024

Wujudkan Pilkada Aman dan Damai, Polres Ende Gelar Rakor Lintas Sektoral Dalam Rangka Ops Mantap Praja Turangga 2024

TribrataNewsEnde.Com - Dalam rangka mewujudkan Pilkada serentak 2024 berjalan aman dan damai, Polres Ende menggelar kegiatan Rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka pengamanan Pilkada serentaka Ops Mantap Praja 2024. Senin (5/8/2024) Pukul 09.30 Wita.

Kegiatan Rapat dihadiri oleh Dandim 1602 Ende Letkol Kav I Nengah Pendi.R., S.T, Wakapolres Ende Kompol Ahmad, S.H., Para Kabag, Para Kasat, Para Kapolsek, Pasih Ops Kodim 1602 Ende, Wadangki 3 Yon B Pelopor Satbrimob Polda NTT, Wadangki Pan C Yonif 743 Ende, Para Perwira Polres Ende, Perwakilan Subden Pom TNI AD Wilayah IX/1-1 Ende, Ketua KPU Ende, Ketua Bawaslu Ende, Kaban Kesbangpolda Ende, Kadis Dukcapil Ende dan Perwakilan PLN  Area Flores Bagian Barat.

Kegiatan dibuka dengan sambutan Wakapolres Ende dan Dandim 1602 Ende Yang Dalam sambutannya, menekankan pentingnya kolaborasi antara institusi kepolisian, TNI pemerintah daerah,  dan instansi lainya untuk menjaga situasi kondusif di Kabupaten Ende, Ia menegaskan tanggung jawab bersama dalam memastikan proses Pilkada berjalan dengan adil, aman, dan transparan.

"Rakor ini membahas berbagai isu krusial, termasuk langkah-langkah pengamanan yang akan diterapkan, koordinasi antara pihak-pihak yang terlibat, serta penanganan potensi gangguan keamanan. Rapat ini diharapkan dapat menciptakan kerja sama yang efektif untuk mewujudkan Pilkada yang sukses dan bebas dari masalah hukum serta keamanan". Ujarnya

Rapat ini menandai langkah awal dari persiapan intensif menjelang Pilkada 2024 dan menunjukkan komitmen semua pihak untuk menjaga integritas dan ketertiban. Lanjutnya.

Setelah dibuka oleh WakaPolres Ende dilanjutkan dengan paparan singkat dari Kasat Intelkam Polres Ende tentang :

- Isu - Isu berkembang masalah Konflik Agama dan ujuran kebencian melalui media sosial.
- Pengawasan Eks Napiter di Wilayah Kabupataen Ende.
- Dukungan Logistik Kendaraan dari Pemda Ende.

* Penyampaian Kasat Reskrim Polres Ende :
- tentang Isu Money Politik
- Dugaan Tindak Pidana Pelaksanaan Pilkada.
- Sosialisasi Peraturan - peraturan Pemilu dari KPU Ende.

* Penyampaian Ketua Panwaslu Kabupaten Ende :
- Analisis Pemilu
- Indikasi kerawanan
- Penyotiran Logistik 

* Penyampaian Ketua KPU Kabupaten Ende :
- Data Pemilih.
- Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 7 Tahun 2024 tentang Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota.
- Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 8 Tahun 2024 tentang Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota.
- Permasalahan jaringan Internet di wilayah - wilayah 
- Sasaran Logistik 

* Penyampaian Kesbangpol Kabupaten Ende :
- Akan dilaksanakan Dialog antar umat agama dan deklarasi tentang Pilkada di Wilayah Kab. Ende, pada hari Selasa tanggal 06 Agustus 2024 pukul 09.00 wita, yang bertempat di Ruang Garuda Pemda Kab. Ende dengan.
- Akan dilaksanakan Diskusi tentang fenomena konflik pilkada dengan para camat.
- Isu tentang penyebaran berita hoax melalui di Media Sosial.

* Penyampaian Kepala Dukcapil Kabupaten Ende : 
- Perubahan DPT
- Pemilih yang belum memiliki  E- KTP
- Langkah - langkah Percepatan kepemilikan E- KTP
- Sosialisasi tentang pentingnya E- KTP

Kegiatan dilanjutkan dengan dialog dan sesi tanya jawab. (HumasPolresEnde)