Kapolres Ende Pimpin Langsung Apel Bhabinkamtibmas Bersama Komunitas Penyintas Covid-19

Kapolres Ende Pimpin Langsung Apel Bhabinkamtibmas Bersama Komunitas Penyintas Covid-19

TribrataNewsEnde.Com -  Kepala Kepolisian Resor Ende AKBP Albertus Andreana,S.I.K., memimpin langsung Apel Bhabinkamtibmas bersama Komunitas  Penyitas Covid - 19 dengan tema "Bersatu Melawan Covid-19", Kamis (17/06/21) pukul 08.30 wita.

Apel Bhabinkamtibmas bersama Komunitas  Penyitas Covid - 19 digelar di Lapangan Apel Mapolres Ende serta dihadiri oleh Waka Polres Ende, Lurah Potulando, para Kabag, Kasat, Kapolsek dan Perwira jajaran Polres Ende.

Dalam Apel tersebut bertindak sebagai Perwira Apel Kabag Sumda Polres Ende AKP Amrin dan Komandan Apel Kasikeu Polres Ende IPDA Gede Wisna,S.H dengan susunan perserta apel yakni 1 pleton Kodim 1602 Ende, 1 pleton Dalmas Polres Ende, 1 pleton Satlantas Polres Ende, 1 pleton Gab. Intel,Reskrim,Narkoba Polres Ende, 1 pleton Satpolair Polres Ende, 1 pleton Gab. Staf Polres Ende dan 1 Kelompok Komunitas Penyitas Covid - 19 Kab. Ende.

Tujuan dari apel tersebut yaitu untuk membangun semangat soliditas terutama terhadap Penyintas covid 19 khususnya diwilayah hukum Polres Ende dalam melawan penyebaran covid 19 sehingga dapat memulihkan situasi terkait pandemi tersebut.

Adapun amanat Inspektur Apel sebagai berikut berdasarkan data sampai dengan tanggal 16 juni 2021 secara Nasional di  indonesia  tercatat 1.531.005 kasus dengan rincian Kasus aktif terkonfirmasi positif sebanyak
83.700 orang (5,5%), Meninggal dunia 42.666 orang (2,8%) dan Sembuh 1.404.639 orang (91,7 % ).

Khusus untuk Provinsi NTT tercatat Konfirmasi positif sebanyak 17.403 orang, Kasus  aktif saat ini sebanyak  723  orang (4,04%), Meninggal dunia : 471 orang (2,7%) serta sembuh sebanyak 16.209 orang (93,20%).

Dari data  tersebut di atas, pandemi covid-19 melumpuhkan sendi kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk dampak    pertumbuhan ekonomi  indonesia  yang mengalami kontraksi cukup dalam, di mana alokasi anggaran difokuskan pada penangganan covid-19 termasuk anggaran    dipa    polri    t.a. 2021 yang di recofucing untuk menanganani pandemi covid-19.

Hal ini sejalan harapan bapak presiden ri yang  menekankan  bahwa  untuk  mengatasi pandemi covid-19 dengan segala dampaknya, seluruh komponen bangsa harus bahu membahu menerapkan  disiplin  ketat  menjalankan protokol kesehatan di manapun dan kapanpun. optimisme  masyarakat  harus  terus  dijaga dengan keseriusan dan upaya pemerintah melakukan  percepatan  penanganan  pandemi covid-19, sehingga kita harus bisa mensukseskan program vaksinasi nasional dengan  melakukan penegakan disiplin, operasi yustisi terhadap protokol kesehatan secara humanis dan tegas.

Data saat ini provinsi ntt menerima vaksin sebanyak 501.496 dosis dan telah digunakan sebanyak 423,781 dosis terdiri   dari  tiga sasaran yakni Tenaga kesehatan sebanyak 67.155 dosis, Pelayanan publik 317,497 dosis, lansia 38,729 dosis. oleh karena itu, kepada seluruh jajaran polda ntt untuk terus lakukan pengawalan, pengamanan dan pengawasan  baik saat pendistribusian, penyimpanan, maupun nantinya saat vaksin tersebut diberikan kepada masyarakat. hal ini sejalan dengan program prioritas kapolri melalui transformasi operasional      yaitu kegiatan pemantapan dukungan polri dalam penanganan   covid-19, yang diimplementasikan dalam aksi mengerahkan seluruh sumber daya polri dalam membantu pemerintah menanggulangi covid-19 dan mendukung program vaksinasi nasional.

Pemberian vaksinasi covid-19 dilaksanakan dengan melibatkan vaksinator Polri Polda NTT sebanyak 97 orang dan para Bhabinkamtibmas sebagai  tenaga     tracer yang tergelar di seluruh   wilayah  provinsi NTT sebanyak   841orang.

Apel bersama yang  dilakukan  secara serentak di seluruh wilayah provisni NTT yang diikuti oleh para bhabinkamtibmas sebagai tracer dan para komunitas penyintas sebanyak 149 orang ini merupakan wujud perhatian dan keseriusan  pimpinan  polri  dalam memberikan dukungan, suport  kepada  para  penyintas yang berjuang melawan virus covid-19. Kontribusi para penyintas covid-19 tersebut merupakan wujud peduli kemanusiaan dalam membantu menyelamatkan nyawa manusia. sehingga diharapkan mampu menekan angka kematian akibat covid-19. dalam kondisi seperti sekarang ini, solidaritas yang tinggi sangat diperlukan di masyarakat.

Sebelum mengakhiri sambutan ini, ada beberapa penekanan yang perluh diperhatikan untuk dapat ditindaklanjuti dengan langkah-langkah kongrit yakni :

Yang pertama Kepada bhabinkamtibmas agar lakukan  mapping terhadap kakerda wilayah sesuai dengan tingkat kerawanan kamtibmas, potensi masyarakat dan sumber daya pendukung;

Yang kedua Pengelaran bhabinkamtibmas setiap desa / kelurahan binaan satu petugas bhabinkamtibmas satu desa / kelurahan sentuhan dan pantauan disesuaikan    dengan    kemampuan sumber daya    manusia    yang ada, dengan   catatan   bhabinkamtibmas tidak boleh     melakukan tugas rangkap.

Yang ketiga Penggelaran  petugas  polmas  pada komunitas tertentu yang dianggap memerlukan kehadiran petugas polmas dapat diberdayakan dari fungsi kepolisian lain.

Yang keempat Melakukan    koordinasi    secara intensif    kepada pemda,    tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, TNI, DPR, dll serta fungsi - fungsi internal Kepolisian guna mendukung rencana penggelaran
bhabinkamtibmas selaku petugas polmas.

Dan yang terakhir Lakukan upaya - upaya premptif (penangkalan)  dan persuasif, edukatif terhadap tindakan - tindakan yang akan menjurus ke arah radikal dan anarkis dengan menyusun rencana aksi kontra radikal (deradikalisasi) di masing - masing wilayah.

Seluruh rangkaian kegiatan Apel Bhabinkamtibmas bersama Komunitas Penyitas Covid - 19 berakhir pukul 09.00 wita serta berjalan dengan aman dan lancar.(Humas Polres Ende)